Bisa Meningkatkan Kesehatan Jantung, Ini 5 Manfaat Lari di Pagi Hari

Ilustrasi olahraga lari.
Sumber :
  • U-Report

VIVA Lifestyle - Untuk menjaga kesehatan jantung serta organ lain, alangkah baiknya sering berolahraga. Namun ada beberapa jenis olahraga yang disarankan adalah lari di pagi hari.

Waspada! DBD di Indonesia Melonjak Hampir 3 Kali Lipat pada Kuartal I 2024

Selain meningkatkan kesehatan jantung, olahraga lari di pagi hari akan meningkatkan energi positif ketika anda akan melakukan segala aktivitas. Berikut beberapa manfaat lari di pagi hari, dilansir berbagai sumber:

1. Meningkatkan Kesehatan Jantung

5 Manfaat Menakjubkan Mengonsumsi Air Kelapa Setiap Hari, Bisa Jaga Kesehatan Jantung

Ilustrasi kesehatan jantung.

Photo :
  • U-Report

Berlari di pagi hari dapat membantu memperkuat jantung Anda. Aktivitas aerobik seperti berlari dapat meningkatkan denyut jantung, memperkuat otot jantung, dan meningkatkan aliran darah ke seluruh tubuh.

Jokowi Bersyukur Angka Stunting Turun dari 37 Persen Menjadi 21 Persen

Ini dapat membantu mengurangi risiko penyakit jantung dan menjaga kesehatan jantung secara keseluruhan. Maka dari itu olahraga lari sangat disarankan. Selain itu, lari juga tidak mengeluarkan biaya yang cukup besar.

2. Peningkatan Suasana Hati

Buat yang rutin olahraga terutama Lari, sebaiknya kamu menginstal aplikasi-aplikasi berikut, di Smartphone Android yang kamu miliki.

Photo :
  • U-Report

Manfaat lari di pagi hari dapat memberikan lonjakan energi dan membantu membangkitkan suasana hati yang positif. Aktivitas fisik seperti berlari dapat memicu pelepasan endorfin, yang dikenal sebagai "hormon kebahagiaan".

Ini dapat membantu mengurangi stres, meningkatkan suasana hati, dan memberikan perasaan positif sepanjang hari. Selain itu juga, lari di pagi hari dapat memberikan energi positif ketika anda melakukan segala aktifitas.

3. Meningkatkan Daya Tahan Tubuh

Ilustrasi olahraga/lari.

Photo :
  • Freepik/master1305

Manfaat lari di pagi hari dapat membantu meningkatkan kebugaran fisik secara keseluruhan. Berlari melibatkan banyak otot dalam tubuh, termasuk otot kaki, punggung, perut, dan lengan. Dengan rutin berlari, Anda dapat meningkatkan kekuatan, daya tahan, dan fleksibilitas tubuh Anda.

4. Menurunkan Berat Badan

4 Cara Alami Menurunkan Berat Badan yang Aman Bagi Kesehatan

Photo :
  • U-Report

manfaat lari di pagi hari dapat menjadi bagian dari program penurunan berat badan yang efektif. Berlari adalah aktivitas yang efisien dalam membakar kalori dan meningkatkan metabolisme.

Saat Anda berlari, tubuh akan membakar lemak sebagai sumber energi, yang dapat membantu menurunkan berat badan dan menjaga komposisi tubuh yang sehat.

5. Peningkatan Produktivitas

Ilustrasi olahraga lari.

Photo :
  • Freepik

Manfaat di pagi hari dapat membantu meningkatkan fokus, konsentrasi, dan produktivitas Anda sepanjang hari. Aktivitas fisik seperti berlari dapat meningkatkan aliran darah ke otak, meningkatkan oksigenasi, dan memperbaiki fungsi kognitif. Ini dapat membantu Anda tetap segar dan waspada, sehingga lebih siap menghadapi tugas-tugas dan tantangan sehari-hari.

Sebagai tambahan informasi, setiap orang memiliki kondisi tubuh yang berbeda. Jika anda memiliki kondisi tubuh yang tidak baik alangkah baiknya jangan terlalu dipaksakan. Penting untuk berkonsultasi dengan dokter sebelum memulai program lari pagi atau rutinitas olahraga baru lainnya.

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya