Penting untuk Tingkatkan Bakteri Baik Tubuh, Ini Manfaat Konsumsi Suplemen Probiotik

Ilustrasi suplemen/vitamin.
Sumber :
  • Pexels

VIVA Lifestyle – Pasca pandemi, masyarakat Indonesia dituntut untuk kembali ke gaya hidup modern yang serba cepat. Meski segalanya menjadi semakin praktis, gaya hidup modern ini juga menyebabkan kita kembali terpapar polusi, kembali memilih pola makan yang kurang sehat, melakukan praktik kebersihan yang berlebihan, serta menghadapi tingkat stres yang semakin tinggi.

Pendingin Udara Ini Bisa Mendeteksi Pergerakan Manusia

Hal-hal tersebut menyebabkan peningkatan jumlah bakteri jahat serta sebaliknya, penurunan jumlah bakteri baik di tubuh kita. Padahal, fungsi bakteri baik sangat penting untuk menjaga imunitas, mendorong produksi antibodi, melawan toksin, alergen, dan mikroorganisme berbahaya, hingga merawat kesehatan pencernaan.

Pegiat kesehatan dr. Reisa Broto Asmoro mengatakan, untuk meningkatkan jumlah bakteri baik dalam tubuh dapat dilakukan dengan mengonsumsi suplemen probiotik.

Kenapa Vagina Wanita Bau Seperti Ikan Amis Busuk?

Ilustrasi sedang makanan.

Photo :
  • Pexels/Rachel Claire

Namun dia menegaskan, tidak semua yang berlabel ‘probiotik’ memiliki manfaat yang sama, mengingat saat ini banyak produk makanan dan minuman yang mencantumkan kata probiotik di labelnya.

Bagaimana Membedakan Gejala Infeksi dengan Penyakit Biasa pada Anak?

Menurut definisi WHO, probiotik diartikan sebagai bakteri hidup yang jika diberikan dalam dosis yang cukup dapat memberikan manfaat kesehatan yang signifikan. Lebih lanjut, WHO menetapkan bahwa masing-masing jenis atau strain bakteri mempunyai manfaat dan keamanan yang berbeda-beda juga. Sebagai contoh, meski sama-sama berasal dari genus Lactobacillus, Lactobacillus reuteri dan Lactobacillus acidophillus ternyata sangat berbeda baik dari sisi manfaat, dosis, hingga tingkat keamanannya.

“Suplemen probiotik yang tepat dapat menunjang kesehatan sejak sebelum lahir sampai lanjut usia. Apa lagi di 1000 hari pertama anak, yang dimulai sejak dalam kandungan hingga usia 2 tahun. Ini adalah periode penting yang akan mempengaruhi kesehatan anak sepanjang hayatnya.” terang Reisa, dalam keterangan tertulis.

“Mengonsumsi suplemen probiotik juga bermanfaat untuk bayi yang lahir dengan metode caesar. Bayi yang lahir tanpa melalui persalinan per vaginam melewatkan proses transfer bakteri baik dari ibu. Hal ini dapat diperbaiki dengan pemberian suplemen probiotik yang tepat,” tambahnya.

Tapi lagi-lagi, tidak semua suplemen probiotik aman dan cocok untuk dikonsumsi semua usia. Itulah mengapa masyarakat perlu kritis dan memahami suplemen probiotik apa yang tepat untuk mereka konsumsi. Reisa menjelaskan, salah satu tanda suplemen probiotik yang tepat adalah jika suplemen probiotik tersebut teruji klinis dan aman dikonsumsi segala usia, mulai dari bayi yang baru hahir hingga lansia.

Untuk menjawab kebutuhan masyarakat Indonesia akan suplemen probiotik yang tepat manfaat, terjamin keamannya, serta teruji klinis, Interlac telah hadir di Indonesia sejak 2012. Interlac merupakan produk hasil kerja sama PT Interbat dengan BioGaia, salah satu perusahaan probiotik terbesar di dunia asal Swedia yang juga dikenal sebagai World Leader in Probiotics.

Ilustrasi probiotik.

Photo :
  • Pexel/Alicia Harper

Produk suplemen probiotik ini menggunakan strain-strain Lactobacillus reuteri yang telah dipatenkan, teruji klinis, serta memenuhi syarat probiotik dari WHO. Strain Lactobacillus reuteri yang terkandung dalam Interlac telah teruji klinis mendukung pemulihan dari berbagai gangguan kesehatan seperti diare, konstipasi, kolik, dispepsia, infeksi saluran napas, imunitas dan lain-lain. “Strain Lactobacillus reuteri ini adalah strain berpaten dengan uji klinik terbanyak di dunia. Di seluruh dunia, sampai Desember 2022, strain Lactobacillus reuteri yang digunakan Interlac sudah didukung 258 uji klinis pada lebih dari 21.000 partisipan,” jelas Isabelle Ducellier, CEO BioGaia.

“Varian suplemen probiotik Interlac juga bermacam-macam. Ada drops, sachet, tablet kunyah, dan tablet hisap, dapat dipilih sesuai umur dan kebutuhan,” jelas Derrick Sukamto, Vice President PT Interbat. 

Fleksibilitas ini punya andil besar dalam penerimaan brand Interlac sebagai probiotik pilihan keluarga Indonesia. Berdasarkan survey Home Tester Club Indonesia di November 2022 terhadap 247 Ibu, 9 dari 10 Ibu memilih Interlac sebagai probiotik untuk menjaga kesehatan saluran cerna keluarganya.

“Tahun ini, kami meluncurkan inovasi kombinasi probiotik dan vitamin pertama di Indonesia: Interlac + Vitamin D. Kombinasi ini telah teruji klinis memberikan efek sinergis untuk memperbaiki kesehatan saluran cerna, meningkatkan penyerapan Vitamin D dalam tubuh dan memperkuat imunitas. Produk ini tersedia dalam bentuk tablet kunyah rasa jeruk, cocok digunakan anak-anak hingga dewasa,” lanjutnya.

Di Indonesia, selama lebih dari 10 tahun ini, efektivitas Interlac sudah diuji ke pasien-pasien Indonesia di 9 uji klinis terpublikasi pada bayi baru lahir, bayi prematur, anak-anak, dan dewasa. 

“Bukti efektivitas dan keamanan adalah 2 hal terpenting saat memilih suplemen probiotik untuk kita dan keluarga. Untuk kedua hal ini, kualitas dan keamanan Interlac untuk seluruh anggota keluarga sudah tidak perlu diragukan lagi,” tutup Derrick Sukamto, Vice President PT Interbat.

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya