Pria Tewas Usai Pakai Narkoba Zombie, Diduga Gegara Overdosis

Pecandu narkoba bak zombi di kawasan Kensington Avenue, Philadelphia, AS
Sumber :
  • Youtube Vincent.Hullu

VIVA Lifestyle – Kematian seorang pria berusia 43 tahun adalah kasus pertama di Inggris yang dikaitkan dengan narkoba zombie alias Xylazine. Hal ini juga menandai dengan masuknya obat tersebut ke dalam pasokan narkotika di Inggris.

Nasib 5 Polisi yang Ditangkap Terkait Narkoba di Depok

Dikutip laman News Medical, penelitian baru yang diterbitkan dalam Journal of Forensic and Legal Medicine dari King's College London merinci kematian pria tersebut pada Mei 2022 akibat efek Xylazine bersama narkotika jenis lain yakni heroin, fentanyl, dan kokain. Scroll untuk info selengkapnya.

Xylazine adalah obat penenang non-opioid, obat penghilang rasa sakit dan pelemas otot yang digunakan dalam kedokteran hewan sebagai obat penenang untuk hewan besar. Obat tersebut dikenal sebagai 'tranq' atau 'tranq dope' ketika dipotong dengan heroin dan fentanyl.

Positif Narkoba, Istri Bintang Emon: Gak Nyangka Dijebak Suami Sendiri

Obat jenis narkotika ini menyebabkan masalah yang meluas di Amerika Utara, karena dapat menurunkan pernapasan dan detak jantung secara berbahaya. Jika disuntikkan langsung ke aliran darah pengguna, ini mengurangi kebutuhan untuk dosis ulang, tetapi dapat menyebabkan bisul kulit terbuka yang besar dan membuatnya dijuluki sebagai obat 'zombie'.

Gak Nyangka, Istri Bintang Emon Dinyatakan Positif Narkoba

Laporan kasus merinci kematian pria berusia 43 tahun, yang terbukti memiliki riwayat penggunaan obat-obatan terlarang, terutama heroin dan kokain 'crack'. Dia telah dirujuk ke layanan kecanduan beberapa kali tetapi tidak turut serta.

"Ini adalah obat yang benar-benar memprihatinkan yang belum pernah terdeteksi di Inggris sebelumnya. Orang ini mungkin telah membeli heroin dan tidak diketahui dicampur dengan xylazine dan fentanyl," ujar Penulis senior Dr Caroline Copeland, dari King's College London dan Direktur Program Nasional Kematian Penyalahgunaan Zat, dikutip VIVA, Selasa 30 Mei 2023.

Pemeriksaan post-mortem eksternal dan internal penuh pada jenazah, tidak menemukan bukti penyakit tetapi mengidentifikasi luka tusukan di selangkangan. Dalam toksikologi post-mortem, delapan obat ditemukan dalam darah dan urine, dan tiga tambahan dalam urine. 

Dari obat yang terdeteksi ini, semua kecuali parasetamol memiliki sifat psikoaktif. Koroner menentukan penyebab kematiannya adalah pneumonitis aspirasi akut, suatu kondisi yang sering disebabkan oleh menghirup racun. Xylazine juga terdaftar pada sertifikat kematian almarhum sebagai penyebab kematiannya.

"Obat ini tidak termasuk dalam skrining obat standar di Inggris, jadi kami tidak tahu seberapa luas masalah xylazine," tambahnya.

Ilustrasi narkoba

Photo :
  • dok. Pixabay

Pada tanggal 8 November 2022, Badan Pengawas Obat dan Makanan Amerika Serikat (FDA) mengeluarkan pernyataan yang memperingatkan para profesional kesehatan tentang peningkatan prevalensi xylazine dalam overdosis obat terlarang yang terjadi di seluruh negeri.

Dengan prevalensi 7 persen dari total kematian overdosis di negara tersebut, Amerika Serikat dan di beberapa negara memiliki prevalensi setinggi 26 persen.

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya