Pakar Ungkap Titik Pijat Tepat Redam Sakit Kepala Hingga Sulit Tidur

Ilustrasi pijat.
Sumber :
  • Pixabay

VIVA Lifestyle – Kaki dan tangan menjadi bagian tubuh yang paling mudah dijangkau serta cukup aman untuk dilakukan pijatan tanpa khawatir membahayakan kondisi kesehatan. Tanpa disadari, dua bagian tubuh ini pun mampu menjadi penyangga dengan titik yang tepat untuk ditekan atau dipijat guna meredam nyeri yang dialami. Penasaran?

Gak Perlu Obat, Tekan Sejumlah Titik Ini agar Tak Mabuk saat Mudik

Pakar dr. Fenny Yunita, M.Si, PhD, menjelaskan bahwa sejumlah titik di tubuh dapat membantu meredakan nyeri di kepala, pinggang, hingga atasi rasa cemas dan sulit tidur. Menurut dokter Fenny, titik untuk stimulasi tersebut bisa ditekan dengan memakai beberapa barang. Mulai dari jarum, biji-bijian khusus, alat pijat, hingga yang paling mudah adalah jari sendiri serta pensil bagian tumpul.

Ilustrasi

Photo :
  • 632574
Sahabat Stevie Agnecya Bongkar Fakta Baru, Selalu Kambuh Usai Subuh dan Zuhur

"Untuk sakit kepala, titik paling aman di tangan. Rapatkan tangan dan di punggung tangan akan terlihat tonjolan di antara jempol dan telunjuk. Pijat 30-60 detik. Dalam penelitian, saat ditekan maka hormon endorfin diproduksi jadi rasa nyeri berkurang. Boleh 2-3 kali sehari," ujarnya dalam a acara Hidup Sehat tvOne, Senin 5 Juni 2023.

Sakit kepala juga bisa diredam dengan menekan di bagian wajah, namun tidak disarankan bagi wanita hamil karena khawatir memicu kontraksi. Di bagian wajah, titik yang dapat ditekan adalah antara ujung alis dan sudut mata. Selain itu, sakit kepala juga dapat dikurangi dengan menekan bagian belakang kepala.

Suka Hangatkan Makanan Sisa Buka untuk Sahur? Hati-hati Bisa Sebabkan Masalah Serius Ini

"Belakang kepala, bagian kanan kiri ada cekungan, bisa tekan pakai ibu jari tangan sendiri," tambahnya.

Dengan memakai jari atau pensil, dokter Fenny menyebut bahwa dapat meminimalisir bahaya memar yang mungkin muncul saat menekan bagian tubuh dengan jarum atau alat pijat lainnya. Sementara itu, untuk redam nyeri pinggang dapat dilakukan dengan ibu jari pada titik yang tepat.

"Cari titik sejajar sama pusar. Dari tulang belakang dua jari, lalu tekan situ. Belakang lutut juga bisa ditekan sambil duduk," tambahnya.

Untuk yang merasakan cemas berlebihan atau sulit tidur, dokter Fenny menganjurkan untuk mengambil bagian pergelangan tangan yang sejajar dengan jari kelingking. Pijat bagian tersebut sambil diputar selama 30-60 detik sehingga mampu meningkatkan hormon melatonin.

"Akupressure ini tidak dianjurkan bagi yang terlalu lapar, terlalu kenyang, atau sedang hamil. Selebihnya, silakan dicoba," tandasnya.

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya