8 Perawatan Miss V Viral yang Membahayakan, dari Masukkan Mentimun Hingga Yogurt

Ilustrasi mentimun.
Sumber :
  • U-Report

VIVA Lifestyle – Banyak hal yang dilakukan untuk mencoba membuat area kewanitaan selalu sehat dan hilangkan bau tak sedap agar pasangan pun senang. Sayangnya, sejumlah cara yang viral di media sosial justru berbahaya bagi Miss V dan tak dianjurkan para pakar untuk dilakukan demi mencegah hal yang tidak diinginkan. Apa saja ya?

Pakai Bikini Bentuk Alat Kelamin Dijahit, Julia Fox Dikecam

Merawat vagina bukanlah tugas yang rumit, tetapi tampaknya seolah-olah setiap hari ada kegilaan baru yang aneh tentang perawatan area intim ini, yang membuat para wanita mempertanyakan semua hal itu. Nah, sebelum melakukannya, berikut saran Dr Sarah Brewer, ahli gizi medis independen dan duta merek, untuk meluruskan beberapa tren vagina yang viral.

Uap untuk vagina

Pakai Parfum Khusus untuk Miss V yang Viral di Korea Selatan? Ini Faktanya

ilustrasi

Photo :
  • 396029

Uap untuk vagina melibatkan saat asap dari infus tanaman herbal diarahkan ke liang vagina. Ini dianggap dapat digunakan untuk mengobati kondisi seperti bakterial vaginosis (BV), namun tidak boleh dilakukan menurut Dr Brewer.

Peradangan Vagina Hingga Seks Menyakitkan, Penelitian Temukan Solusi Atasi Masalah Kewanitaan

“Tolong jangan lakukan ini. Saya tidak merekomendasikan ini karena tidak ada bukti ilmiah bahwa itu membantu kondisi apa pun dan kasus luka bakar tingkat dua telah dikutip dalam literatur medis yang dihasilkan dari praktik kuno ini," katanya, dikutip The Sun.

Gosok mentimun

Memasukan dan menggosok mentimun ke dalam vagina disebut untuk membersihkan bagian dalam. Tapi, lagi-lagi itu tidak disarankan karena dapat membuat infeksi jamur meluas.

“Benar-benar tidak masuk akal. Lebih mungkin untuk memperkenalkan infeksi bakteri atau jamur daripada melakukan sesuatu yang bermanfaat. Itu juga dapat merusak lapisan mukosa vagina yang halus dan mengubah keseimbangan asam untuk menghasilkan ketidakseimbangan bakteri. Tolong jangan lakukan ini," tegasnya.

Memasukkan yogurt ke dalam vagina

Yogurt.

Photo :
  • 493509

“Live Bio yoghurt mengandung bakteri probiotik, termasuk Lactobacilli, yang dapat membantu mencegah atau mengobati ketidakseimbangan bakteri vagina dan infeksi jamur,” kata Dr Brewer.

Meskipun ini adalah obat yang paling tidak berpotensi berbahaya yang disebutkan di sini, ini berantakan, dan jika Anda akan melakukannya, penting untuk menggunakan yoghurt biasa. Apalagi, tidak disarankan yoghurt sarat dengan gula dan bubur buah.

“Idealnya, gunakan produk probiotik yang dirancang untuk digunakan di vagina – apotek dapat memberikan saran. Jika Anda memiliki gejala, kunjungi klinik kesehatan seksual untuk diagnosis dan pengobatan yang tepat," terangnya.

Permen karet vagina dari Kourtney Kardashian

Kourtney Kardashian benar-benar membuat orang berbicara dengan launching produk permen karet vaginanya. Itu diklaim memiliki probiotik yang menargetkan kesehatan vagina dan tingkat pH.

Dr Brewer menjelaskan bahwa vagina biasanya memiliki populasi bakteri penghasil asam laktat yang sehat yang membantu menjaga tingkat keasaman yang optimal.

Ilustrasi

Photo :
  • 1449810

“Jika keasaman ini hilang, maka bisa terjadi ketidakseimbangan bakteri yang dikenal dengan BV. Ini terjadi ketika tingkat bakteri sehat, (terutama Lactobacillus acidophilus) berkurang, atau tidak ada, dan bakteri yang biasanya ditemukan dalam jumlah kecil, malah meningkat," kata dia.

Dr Brewer mengatakan permen karet Kourtney mengandung probiotik yang dikenal sebagai SNZ 1969 (Lactobacillus sporogenes, juga dikenal sebagai Bacillus coagulans). Ini telah ditunjukkan dalam penelitian untuk mengurangi BV bila digunakan bersama dengan antibiotik yang disebut metronidazol.

“Dan, pada wanita dengan vaginitis (radang vagina) membantu mengurangi gejala. Namun, jika Anda tidak memiliki gejala, Anda tidak perlu menggunakan produk ini karena vagina adalah organ pembersih diri yang efisien. Jika Anda memiliki gejala, Anda harus memeriksakan diri ke klinik kesehatan seksual untuk mendapatkan diagnosis dan pengobatan yang tepat," bebernya.

Telur giok

Dibuat khusus untuk situs kesejahteraan Gwyneth Paltrow, Goop, telur Yoni giok ini konon memanfaatkan kekuatan kerja energi, penyembuhan kristal, dan latihan fisik seperti kegel. Untuk menggunakannya, mereka dimasukkan ke dalam vagina. Goop diklaim tujuannya adalah merasakan hubungan dengan tubuh Anda dengan 'meremas dan melepaskan telur'.

"Perangkat tersedia untuk membantu memperkuat otot vagina yang dapat bermanfaat bagi kehidupan seks Anda, dan memperbaiki kebocoran urin," kata dia.

Gwyneth

Photo :
  • 589203

Jika Anda memiliki inkontinensia stres murni, dokter Anda biasanya akan merujuk Anda untuk program latihan otot dasar panggul yang diawasi (PFMT) yang diawasi oleh penasihat kontinensia, spesialis perawat atau fisioterapis. Dia menambahkan bahwa ada penelitian yang menunjukkan bahwa melakukan setidaknya delapan kontraksi, tiga kali sehari, setidaknya selama tiga bulan, efektif.

"Sering dikenal sebagai latihan kegel, latihan ini dirancang untuk memperkuat otot pubococcygeus yang menopang kandung kemih, vagina, dan rektum," bebernya.

Tampon vagina yang mengandung minyak ganja

“Di AS ada kegemaran baru untuk menggunakan tampon yang mengandung minyak ganja (yang meleleh seperti supositoria). Saya bahkan pernah ditanya tentang menambahkan minyak ganja ke tampon normal selama suatu periode,” kata Dr Brewer.

“Saya TIDAK merekomendasikan ini karena dapat mengubah pH vagina dan keseimbangan bakteri," tegasnya.

Tampon

Photo :
  • 130792

Tampon, kata dia, tidak boleh digunakan di luar periode kecuali di bawah instruksi medis karena ini dapat meningkatkan risiko sindrom syok toksik.

Baby oil untuk vagina kering

Menurut Dr Brewer, beberapa wanita dengan vagina kering menggunakan baby oil atau petroleum jelly untuk membantu mengobati gejala karena mereka terlalu malu untuk pergi ke dokter.

“Biasanya, sel-sel sehat di dalam vagina dan leher rahim mengeluarkan sedikit kelembapan alami. Ketika ini terganggu oleh ketidakseimbangan hormon, pengobatan, infeksi atau penyakit, kelembaban level akan turun," terangnya.

Pemakaian ini dapat menyebabkan kekeringan pada vagina, yang dapat menyebabkan rasa sakit saat berhubungan seks dan gejala kencing. Tergantung pada penyebab yang mendasarinya, dokter Anda mungkin akan meresepkan krim atau pesarium hormon lokal, atau tambalan atau tablet HRT.

“Beberapa pelembab vagina non-hormon juga tersedia dengan resep jika estrogen tidak diperlukan dan dapat digunakan sesering yang diperlukan,” tambah Dr Brewer.

Menggunakan

Photo :
  • 369376

Dia merekomendasikan memilih gel yang memiliki formulasi pH seimbang, mengandung hyaluronate (yang sangat menghidrasi) dan juga termasuk bakteri Lactobacillus untuk mengisi kembali tingkat bakteri hidup yang ramah yang membantu menjaga kesehatan vagina.

Bedak tabur

Percikan bedak di sekitar vagina dianggap sebagai cara untuk menyerap keringat dan kelembapan agar terasa lebih segar.

"Namun, saya tidak menyarankan ini," kata Dr Brewer.

Beberapa penelitian telah menemukan bahwa menggunakan bedak talk di area genital meningkatkan risiko kanker ovarium – kemungkinan karena bedak yang digunakan lebih dari 20 tahun yang lalu terkadang terkontaminasi asbes.

"Hindari deodoran vagina, sabun wangi dan bedak," tambahnya.

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya