Tungau Debu 'Ngumpet' di Sudut Rumah, Awas Bahaya Asma Mengintai

Tungau debu.
Sumber :
  • Pixabay

JAKARTA – Rumah adalah tempat di mana keluarga berkumpul, berbagi cerita, dan menciptakan kenangan indah. Namun, rumah yang tidak dirawat dan dibersihkan dengan baik dapat menjadi sumber virus, penyakit, dan ketidaknyamanan bagi anggota keluarga. 

Ustaz Khalid Basalamah Sarankan Tak Pelihara Kucing di Rumah, Lebih Baik Pelihara Ayam

Jangan menyepelekan bau dan debu, sebab bau tidak sedap dan debu di rumah dapat berdampak negatif pada kenyamanan dan kesehatan keluarga. Dalam beberapa kasus, bau yang tidak sedap dapat menyebar dan menjadi masalah yang sulit diatasi. 

Selain itu, debu yang menumpuk di sudut-sudut rumah dapat menjadi sarang tungau, yang dapat menyebabkan alergi dan gangguan pernapasan. Tungau debu sangat kecil, hama mirip serangga yang memakan sel kulit mati manusia dan tumbuh subur di lingkungan yang hangat dan lembap.

Terobos Banjir Bisa Besihkan Kolong Mobil? Ini Faktanya

Tungau.

Photo :
  • 1440397

Efek Tungau pada Manusia

Tingkat Kematian Kanker Paru Tinggi, Dokter Ungkap Penyebab yang Sering Tak Disadari

Tungau debu terlalu kecil untuk kita lihat. Mereka bukan parasit yang menggigit, menyengat, atau masuk ke dalam tubuh kita. Sebaliknya, orang yang alergi terhadap debu atau tungau debu bereaksi dengan menghirup protein dalam debu yang berasal dari feses tungau debu, urine atau jasad yang membusuk. Pembengkakan (juga disebut peradangan) pada saluran hidung yang disebabkan oleh tungau debu dianggap sebagai alergi debu.

Tungau debu dapat hidup di tempat tidur, kasur, furnitur berlapis kain, karpet, atau gorden di rumah Anda. Tungau debu hampir ada di mana-mana; kira-kira empat dari lima rumah di Amerika Serikat memiliki alergen tungau debu setidaknya di satu tempat tidur.

Sumber Tungau di Rumah

Tungau debu terjadi secara alami dan dapat muncul di hampir semua rumah. Kelembaban adalah faktor terpenting dalam menentukan apakah sebuah rumah memiliki tingkat tungau debu yang tinggi. Ini karena tungau debu tidak meminum air seperti kita; mereka menyerap kelembaban dari udara. Di daerah dengan kelembapan rendah, seperti gurun, tungau debu tidak dapat bertahan hidup.

Tidak seperti alergen hewan peliharaan, alergen tungau debu biasanya tidak bertahan di udara. Sebaliknya, alergen mengendap dengan cepat menjadi debu atau kain. Alergen ini menempel pada tempat tidur, kasur, furnitur berlapis kain, karpet dan gorden, yang juga berfungsi sebagai sarang. Sebagian besar paparan alergen tungau debu terjadi saat tidur.

Dampak Bahaya Tungau

Tungau debu adalah salah satu pemicu dalam ruangan utama bagi penderita asma. Paparan tungau debu yang berkelanjutan di rumah dapat berdampak pada kesehatan penderita asma dan mereka yang alergi atau sensitif terhadap tungau. Alergen ini dapat memicu gejala alergi ringan hingga parah dan dapat menyebabkan serangan asma. 

Kasus yang ringan dapat menyebabkan hidung meler sesekali, mata berair dan bersin. Pada kasus yang parah, kondisi ini berlanjut, mengakibatkan bersin terus-menerus, batuk, hidung tersumbat, tekanan pada wajah, atau bahkan serangan asma yang parah. Penderita asma yang sensitif terhadap tungau debu menghadapi peningkatan risiko serangan asma.

Cara Melindungi Dari Tungau Debu

Penderita alergi tungau debu atau penderita asma yang dipicu oleh alergi tungau debu perlu mengurangi tungau debu di rumahnya. Maka dari itu, melihat bahaya kesehatan yang mengintai, alangkah bijak jika kita memperhatikan kebersihan dan kenyamanan rumah dengan baik agar keluarga, terutama anak, bisa menghirup udara bersih. 

Kurangi kelembapan

Jaga kelembaban rumah Anda di bawah 50 persen. Di daerah lembab, AC dan penurun kelembapan dapat membantu. Kelembapan yang tepat di dalam ruangan sangat penting untuk kesehatan pernapasan dan kenyamanan, termasuk dengan memakai humidifier.

Deerma F600 F600s 5L Humidifier hadir dalam Shopee 6.6 Mega Elektronik Sale sebagai solusi untuk menciptakan lingkungan yang segar, bersih, dan bebas dari bau tidak sedap serta partikel-partikel penyebab penyakit yang terdapat di udara. Dilengkapi dengan teknologi penghilang bau, Humidifier Deerma dapat menghilangkan bau tidak sedap dan menjaga udara tetap bersih dan segar.

Kurangi tempat tinggal tungau debu

Ganti furnitur berlapis kain atau gunakan furnitur dengan permukaan halus. Lepaskan gorden dan gorden. Tutupi kasur dan bantal dengan bungkus alergen. Cuci seprai dengan air panas (setidaknya 120 derajat F) seminggu sekali. 

Selain itu, pemakaian Vacuum Cleaner bisa sebagai solusi untuk membersihkan kasur atau sofa dengan bersih dan praktis. Alat ini dirancang khusus untuk menghilangkan tungau dari permukaan kasur dan sofa. Dengan teknologi penyedotan yang kuat, alat ini dapat membersihkan debu, tungau, dan partikel kecil lainnya yang mengganggu kesehatan dan kenyamanan tidur mu.

Ganti karpet

Karpet harus disingkirkan dari rumah, terutama jika penghuninya alergi terhadap tungau debu. Jika Anda harus menjaga karpet, gunakan penyedot debu dengan filter HEPA (High-Efficiency Particulate Air). Bersihkan lantai yang lembap sesering mungkin, dengan fokus menangkap kotoran dan debu tanpa mengepel basah.

Mencapai sudut-sudut rumah yang sulit dijangkau adalah tantangan dalam menjaga kebersihan rumah. Maka, memakai vakum jadi Deerma DX700 2-In-1 Handheld Vacuum Cleaner juga jadi cara yang tepat untuk menggunakannya sesuai dengan kebutuhan. Dilengkapi dengan daya hisap yang kuat dan aksesori yang fleksibel, kamu dapat membersihkan area yang sulit dijangkau seperti celah-celah sempit atau sudut ruangan dengan mudah dan efisien.

Hilangkan debu secara teratur

Debu secara teratur untuk mengurangi jumlah debu dan meningkatkan kualitas udara dalam ruangan secara keseluruhan di rumah Anda. Saat membersihkan debu, gunakan sesuatu yang dapat menjebak dan mengunci debu (seperti waslap basah atau kain mikrofiber) debu untuk mengurangi jumlah debu yang diaduk saat membersihkan.

Mengepel lantai merupakan tugas yang rutin dalam menjaga kebersihan rumah. Pilih pel yang dilengkapi dengan tongkat stik yang dapat berputar 360 derajat, mop ini memungkinkan kamu mencapai setiap sudut ruangan dengan mudah. Selain itu, dengan kemampuan penyemprotan air yang terkontrol, kamu dapat membersihkan lantai dengan lebih efisien tanpa perlu menggunakan ember air tambahan. Hal ini membantu menjaga kebersihan dan kehigienisan lantai, serta mengurangi risiko bakteri dan kuman.

"Untuk itu, kami sangat senang dapat menjadi bagian Shopee 6.6 Mega Elektronik Sale, sehingga bisa memberikan berabagai pilihan dan solusi bagi masyarakat yang membutuhkan peralatan rumah tangga yang dapat memberihkan rumah dengan praktis. Bersama Deerma, rumah akan menjadi tempat yang bersih, bebas bau, dan nyaman untuk keluarga tercinta," imbuh Tieqiang Cai, Chairman Deerma.

Senada, Daniel Minardi, Head of Brands Management & Digital Products Shopee Indonesia mengatakan bahwa kebersihan rumah tentunya suatu hal yang penting untuk diperhatikan setiap orang, agar dapat menjaga kenyamanan dan kesehatan keluarga. Dengan semakin berkembangnya teknologi, telah banyak memberikan banyak inovasi dan solusi alat pembersih rumah yang canggih dan praktis. Hal ini tentunya akan sangat membantu masyarakat dalam mempermudah mereka membersihkan rumah, terutama dari berbagai bau dan debu. 

"Kami berharap melalui kerja sama ini, Shopee dapat senantiasa memberikan pengalaman belanja yang menyenangkan dan menyediakan penawaran menarik dalam memenuhi kebutuhan elektronik masyarakat Indonesia," tandasnya.

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya