Lari Saat Cuaca Panas Berpolusi Picu Bahaya Penyakit, Bisa Dicegah Kok!

Ilustrasi berolahraga/olahraga/berkeringat.
Sumber :
  • Freepik/freepik

JAKARTA – Olahraga lari saat ini tengah jadi tren di berbagai kalangan usai kondisi pandemi COVID-19 yang mulai reda. Kendati begitu, cuaca yang panas menyengat disertai polusi dapat membahayakan kondisi kesehatan saat berlari sehingga patut mempersiapkan dengan tepat.

6 Olahraga Aman saat Menjalankan Puasa Ramadan

Official Coach BFI RUN 2023, Andi Sugiyanto, mengatakan bahwa olahraga lari memberi manfaat baik pada kondisi organ penting di tubuh yakni jantung dan paru-paru. Sebaliknya, kedua organ itu dapat berdampak kurang baik apabila berlari di kondisi lingkungan yang buruk karena minim oksigen seperti dehidrasi hingga infeksi saluran pernapasan atas (ISPA).

"Kalau bicara oksigen, maunya target sehat untuk jantung dan paru, nah pinter-pinter aja cari waktu dan rute yang fresh. Jadi dapat sehat dan segarnya setelah lari," ujar Andi Sugiyanto dalam konferensi pers BFI RUN 2023, di Jakarta, baru-baru ini.

Penderita Diabetes Tak Usah Takut Lagi Makan Nasi, Begini Cara Masaknya agar Rendah Gula

Ilustrasi

Photo :
  • 1320301

Lebih dalam, Coach Andi Sugiyanto menjelaskan bahwa dua kunci ini jadi kekuatan utama saat olahraga lari. Untuk waktu, Coach Andi Sugiyanto mengatakan bahwa berolahraga lari di luar ruangan paling baik ketika pagi hari sebelum kendaraan banyak melintas.

6 Tips Jaga Stamina Saat Puasa Ramadhan, Jangan Sungkan untuk Olahraga Ringan

"Olahraga ini kan dilakukan di pagi hari lebih bagus, oksigen langsung dari alam. Tapi sekarang kondisi cuaca memang lagi nggak bagus. Makanya, olahraga dimulai agak pagi. Kalau agak siang pasti aktivitas kendaraan banyak. Kalau pagi, oksigen masih oke ditolerir. Siang pasti traffic ramai, terik panas matahari juga," tambah Coach Andi Sugiyanto.

Menurutnya, penting untuk mencari waktu yang pas berolahraga karena memberi kenyamanan bagi tubuh sehingga akan ketagihan melakukannya lagi dan lagi. Kenyamanan saat olahraga lari, lanjut Coach Andi Sugiyanto, juga didapat saat rute yang diambil memiliki area hijau yang mendominasi.

"Rute yang tidak terlalu banyak kendaraan motor, transport lain, pilih yang banyak tanaman. Bagi pelari kan modalnya simpel, baju olahraga, bisa lari dimana aja," imbuhnya.

Berolahraga lari juga butuh kekuatan fisik yang maksimal yang bisa didapatkan dari latihan dan pola makan tepat. Nutrisi yang dibutuhkan untuk olahraga lari sendiri mengacu pada porsi gizi seimbang yang harus dikonsumsi pada malam sebelum olahraga dan saat sarapan di pagi hari.

"Kalau mau lari panjang, butuh karbohidrat, paling nggak malemnya asupan karbohidrat cukup agar ada energi. Terus selesai latihan, perbanyak serat, protein, jangan lupa tiap latihan buah dan cairan dipenuhi, maka harus minum tepat waktu agar recovery sel bisa dilakukan karena kalau kurang cairan banyak yang diinginkan tidak terjadi," kata Coach Andi Sugiyanto.

"Paginya makan praktis aja misal pisang, jangan terlalu berlebihan dan jarak jangan terlalu deket. Pemanasan juga persiapkan badan supaya bisa lebih baik," sambungnya.

Hadir dengan tema Power Up to the Next Level, BFI RUN 2023 lebih istimewa dari tahun sebelumnya. Dalam ajang tahun ini, BFI RUN 2023 menyajikan satu kategori baru, yakni Marathon Duo (dua pelari, masing-masing 21,1K), total hadiah lebih dari Rp300 juta, dan hadiah istimewa Overseas Marathon Challenge.

Sejumlah 5.000 tiket telah terjual habis untuk empat kategori, yakni Marathon Duo, Half Marathon/HM (21,1K), 10K, dan 5K. Khusus untuk Overseas Marathon Challenge (OMC), BFI RUN 2023 menyediakan dua destinasi lomba, yakni Berlin Marathon 2023 dan Istanbul Marathon 2023 khusus untuk para peserta HM dan Marathon Duo yang berhasil menyelesaikan catatan waktu finish tertentu. Di hari lomba, para peserta dapat mengerahkan kemampuan terbaiknya agar berkesempatan terpilih untuk diberangkatkan mengikuti salah satu event lari tersebut.

"BFI RUN memilih tempat di sekitar BSD. Pagi hari jam 5.15, udara bersih kendaraan steril. Saat pelari lintasi jalur pelari tidak terganggu kendaraan. Seperti di kota-kota yang padat lalu lintas, sepanjang lari sudah dipisahkan sehingga tidak berbaur dengan kendaraan," tambah Sudjono, Direktur Keuangan BFI Finance.

Para peserta tentunya akan difasilitasi dengan perlindungan asuransi selama lomba berlangsung dari OONA Insurance. Tak hanya segi proteksi jiwa, perlindungan fisik dan keselamatan para peserta selalu menjadi prioritas mutlak dalam setiap pelaksanaan BFI RUN. Berkolaborasi dengan RunID sebagai race management, rute yang ditempuh selama lomba berada di wilayah Sinar Mas Land dengan kondisi yang sangat mendukung, seperti rute hijau yang asri dan nyaman, kondisi aspal yang sangat mumpuni, serta tatanan lingkungan yang apik. Rute lari akan steril dari lalu lintas kendaraan dengan pengawalan maksimum dari para marshal selama berlomba, bekerja sama dengan petugas keamanan BSD City dan kepolisian setempat. 

"Faktor keamanan dan keselamatan peserta juga selalu kami rancang dengan saksama sesuai dengan protokol penanganan yang tepat. Kami pastikan peserta selalu memperoleh fasilitas terbaik. Kami juga mengapresiasi para pelari yang sudah mengerahkan kemampuan terbaiknya melalui Overseas Marathon Challenge," tandas Sudjono.

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya