10 Manfaat Teh Hitam untuk Kesehatan, Turunkan Resiko Diabetes hingga Tekanan Darah

Ilustrasi Teh Hitam
Sumber :
  • Pixabay

Jakarta – Teh hitam berasal dari daun "Camellia sinensis". Daun pohon ini secara tradisional digunakan di seluruh dunia untuk teh berkafein. Anehnya, teh hijau dan hitam berasal dari tanaman yang sama dan mengandung komposisi antioksidan yang mirip dengan sedikit perbedaan berdasarkan pengolahannya.

Waspada! DBD di Indonesia Melonjak Hampir 3 Kali Lipat pada Kuartal I 2024

Teh hitam kaya akan antiokasidan, sehingga dapat memberikan sejumlah manfaat untuk kesehatan. Dikutip dari Mensxp, berikut beragam manfaat dari teh hitam.

1. Membantu melindungi dari kanker

Jokowi Bersyukur Angka Stunting Turun dari 37 Persen Menjadi 21 Persen

Ilustrasi

Photo :
  • 1341605

Teh hitam mengandung polifenol, yang mengurangi risiko perkembangan tumor. Ditemukan juga bahwa teh hitam dan hijau mungkin penting dalam mengendalikan pertumbuhan sel kanker dan menggagalkan perkembangan sel baru. Hebatnya, teh hitam dapat membantu menurunkan risiko terkena kanker kulit, payudara, paru-paru, dan prostat.

Industri Facility Manajemen Indonesia di Atas Vietnam dan Kamboja

2. Dapat menurunkan resiko diabetest

Ilustrasi

Photo :
  • 1454888

Sel beta di pankreas membuat insulin. Orang dengan diabetes menghadapi masalah terkait sekresi insulin. Orang dengan gula darah tinggi membutuhkan insulin untuk mengontrol gula darah. 

Studi menemukan bahwa katekin dan theaflavin dalam teh hitam dapat mencegah disfungsi sel beta dan meningkatkan sensitivitas tubuh terhadap insulin. Jadi, teh hitam bisa membantu mengurangi risiko diabetes tipe-2 .

3. Mendukung kesehatan jantung

Ilustrasi

Photo :
  • 1429947

Teh hitam mengandung flavonoid, zat unik yang memberikan banyak manfaat kesehatan yang signifikan seperti mencegah penumpukan plak di arteri. Flavonoid juga dapat mengurangi ketegangan pada jantung. Studi menunjukkan bahwa minum teh hitam telah dikaitkan dengan penurunan serangan jantung dan stroke.

4. Menurunkan tekanan darah

Tekanan

Photo :
  • 1393019

Mengkonsumsi teh hitam secara teratur merupakan tambahan yang bagus untuk gaya hidup sehat karena dikaitkan dengan penurunan tekanan darah. Teh hitam juga terbukti mendukung relaksasi dan mengurangi stres, yang berdampak positif pada tekanan darah.

5. Menurunkan LDL (Low Density Lipoprotein)

Ilustrasi

Photo :
  • 1401662

Penumpukan di arteri yang disebut plak yang disebabkan oleh LDL (kolesterol jahat) yang berlebihan dapat menyebabkan gagal jantung atau stroke. Pola makan yang sehat, termasuk makanan dan minuman yang tidak diproses seperti teh hitam, membantu mengurangi risiko tertular penyakit tersebut – terutama teh hitam diketahui dapat menurunkan kadar LDL tubuh secara keseluruhan.

6. Membantu berkonsentrasi

Ilustrasi

Photo :
  • 1328205

Teh hitam mengandung kafein dan jenis l-theanine, yang dapat membantu fokus dan kewaspadaan. Berbagai penelitian menemukan bahwa teh hitam dapat membantu meningkatkan fokus dan kewaspadaan dengan meningkatkan aktivitas alfa otak. 

Teh hitam yang diseduh memiliki kira-kira sepertiga hingga setengah kandungan kafein dari secangkir kopi. Itu sebabnya sangat ideal bagi mereka yang menginginkan semangat instan melalui seteguk yang menyegarkan tanpa mengkhawatirkan asupan kafein .

7. Membantu menurunkan berat badan

Berat

Photo :
  • 1419697

Teh hitam dapat mengurangi dampak gen yang menyebabkan peradangan, mengurangi lemak visceral. Jadi secara teoritis dapat membantu mencegah obesitas yang disebabkan peradangan karena periode peradangan yang berlarut-larut dalam tubuh dapat menyebabkan obesitas. Studi juga menemukan bahwa teh hitam juga dapat membantu mengurangi kadar trigliserida.

8. Baik untuk rambut dan kulit

Ilustrasi

Photo :
  • 1397700

Seng, magnesium, dan potasium hanyalah beberapa mineral yang berlimpah dalam teh hitam dan semuanya dapat membantu melindungi dan meremajakan kulit. 

Ini bermanfaat bagi kulit karena membantu tubuh melawan noda dan infeksi kulit. Ini juga mengurangi bengkak dan menunda penuaan. Cobalah teh Assam klasik Octavius yang kuat dan bertubuh penuh dengan aroma kayu yang menyenangkan dan rasa malt yang unik di setiap tegukan.

9. Baik untuk usus dan mendukung pencernaan

Ilustrasi

Photo :
  • 1415439

Teh hitam dapat mendorong pertumbuhan bakteri baik, menghentikan pertumbuhan bakteri berbahaya dan menjaga kesehatan usus. Ini juga memiliki sifat antimikroba yang menghilangkan bakteri usus dan memperkuat dinding saluran pencernaan. 

Polifenol juga dapat merangsang pertumbuhan bakteri makanan di usus, menghasilkan kesehatan usus yang lebih baik. Dan penelitian menunjukkan efek positif polifenol pada kesehatan usus mendukungnya.

10. Melawan infeksi flu

Ilustrasi

Photo :
  • 1446285

Secangkir teh hitam dapat membantu mengurangi gejala pilek atau mencegahnya. Daun teh hitam tinggi katekin dan Teafurabin, yang membantu mencegah infeksi flu. 

Teh hitam dengan tulsi adalah salah satu pengobatan rumah paling sederhana untuk menghindari infeksi tenggorokan akibat virus dan menyembuhkan pilek dan batuk/flu biasa.

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya