Sering Salah Kaprah, Ternyata Begini Aturan Menyimpan Daging

Ilustrasi daging.
Sumber :
  • Pixabay/Meditations

JAKARTA – Memasukkan bahan makanan atau sisa makanan yang telah dikonsumsi ke dalam kulkas menjadi salah satu cara untuk memperpanjang masa pemakaian bahan makanan. Namun pernahkah kalian menemukan bahwa bahan makanan yang baru disimpan di kulkas sudah cepat membusuk?

5 Tips Pilih Camilan Sehat Buat Anak, Jangan Cuma Lezat Bun!

Jika iya berarti ada kesalahan yang Anda lakukan ketika menyimpan makanan. Praktisi Kedokteran Okupansi, dr. Palupi Agustina Djayadi, Sp.Ok dalam program Hidup Sehat TvOne, Jumat 16 Juni 2023 menjelaskan penyimpanan makanan di dalam kulkas penting bagi untuk diperhatikan adalah jenis barang atau bahan dan durasi penyimpanannya. Scroll lebih lanjut ya.

Setiap bahan atau jenis makanan yang disimpan di dalam kulkas punya treatmen penyimpanan berbeda. Seperti apa? Berikut ini rangkumannya.

5 Makanan yang Wajib Dihindari oleh Wanita Hamil, dari Daging Mentah hingga Kafein

1. Sayur Mayur

sayur dan buah

Photo :
  • Pixabay/ carlosfs05
5 Negara Paling Tidak Ramah Vegetarian di Asia, Ada Korea Selatan dan Jepang

Diungkap Palupi sayur mayur yang telah dibeli di pasar dan hendak disimpan diwajibkan untuk dicuci terlebih dahulu di bawah air mengalir. Setelah itu tiriskan dan keringkan. Kemudian untuk menjaga kelembapan sayur dan mencegah proses pembusukan pada sayur tempatkan napkin atau tisu khusus makanan sebagai alas di kotak penyimpanan. Dengan demikian sayur bisa bertahan selama lima hari penyimpanan di chiller.

2. Buah-buahan

Buah-buahan

Photo :
  • vstory

Diungkap Palupi untuk buah ada baiknya langung dikonsumsi tanpa harus menyimpannya di kulkas. Namun jika Anda memiliki buah dalam jumlah banyak dan ingin disimpan untuk dikonsumsi beberapa hari ke depan, penting untuk mencuci buah tersebut menggunakan air bersih. Kemudian keringkan dan alasi dengan tisu khusus makanan pada permukaan wadah kotak penyimpanan. 

"Tidak lebih dari 5-7 hari masanya. Beberapa buah padat seperti apel, pear itu bisa tahan sampai 14 hari. Tapi kembali lagi baiknya buah dikonsumsi langsung," jelas dia.

3. Cake atau kue

Ilustrasi Kue tart

Photo :
  • Pexels

Kue atau cake kata Palupi diketahui mengandung produk susu yang menyebabkan kue tidak bisa tahan lama. Jika kue sudah dikonsumsi sebagian tidak boleh disimpan dalam kulkas lebih dari tiga hari.

4. Susu

Susu oat

Photo :
  • healthline

Untuk produk susu UHT tidak boleh lebih dari tiga hari disimpan dan dikonsumsi lantaran ditakutkan adanya kontaminasi bakteri. Untuk menyimpannya tutup rapat susu, kemudian perhatikan saat menuang susu, tidak boleh ada kontak antara botol leher dengan gelas agar mencegah terjadinya kontaminasi.

5. Telur

Kuis tumpukan telur.

Photo :
  • Times of India.

Palupi menjelaskan untuk menyimpannya di kulka.  Penting untuk mencuci telur dengan air mengalir. Setelah itu dikeringkan dengan menggunakan lap halus agar tidak merusak kulit bagian luar telur. Setelah dicuci dan dikeringkan masukkan telur di dalam kotak penyimpanan tertutup demi mencegah cross kontaminasi dengan makanan lain.

6. Daging

Ilustrasi daging kambing.

Photo :
  • Pixabay/mp1746

Palupi menjelaskan bahwa proses penyimpanan daging di frezzer bisa memperpanjang umur pakai daging hingga 3-5 bulan. Namun dengan catatan hanya satu kali proses pencarian untuk digunakan. 

"Tetap dicuci daging karena produk ini mengandung darah. Bakteri sendiri senang tumbuh di darah. Mencuci daging ini juga mencegah terjadinya kontaminasi. Simpan daging menggunakan kotak penyimpanan tersendiri," ujarnya.

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya