6 Tips Cara Membuat Bibir Merah Secara Alami, Sangat Simple

Ilustrasi bibir sehat.
Sumber :
  • U-Report

Jakarta – Bibir seseorang memiliki ukuran, bentuk, dan warna yang berbeda-beda. Terlepas dari perbedaan itu, semua bibir sama-sama indah dan memiliki ciri khas tersendiri bagi setiap orang.

Kesehatan Makin Memburuk, Istana Buckingham Perbarui Rencana Pemakaman Raja Charles III

Secara umum, bibir yang sehat adalah yang berwarna merah atau merah muda dan tampak cerah. Warna ini juga merupakan warna alami bibir manusia yang berasal dari warna pembuluh darah. 

Maka, ketika warna bibir berubah menjadi hitam atau gelap, bisa jadi ada masalah kesehatan terkait dengan pembuluh darah. Lantas, bagaimana cara memerahkan bibir secara alami agar terlihat lebih segar kembali? Dikutip dari situs Primaya Hospital, berikut beberapa tips cara memerahkan bibir yang hitam secara alami.

5 Tips untuk Mengontrol Emosi secara Efektif, Menghadapi Emosi dengan Tenang

1. Oleskan madu

Ilustrasi madu

Photo :
  • healthline.com
5 Manfaat Luar Biasa Alpukat untuk Kesehatan Kulit Wajah, Bisa Cegah Penuaan Dini

Untuk memerahkan bibir dengan bahan alami ini, kamu bisa mencampurkan satu sendok teh madu dan satu sendok teh gula, lalu oleskan ke bibir sebagai scrub. Setelah itu, bilas bibir dengan air hangat. 

Metode eksfoliasi ini bisa menyebabkan iritasi dan membuat kulit bibir terlalu sensitif jika dilakukan terlalu sering. Kulit pada bibir sangat lembut, jadi eksfoliasi dengan madu sebaiknya dilakukan sekali per minggu saja.

2. Pijat dengan minyak almond

Minyak almond.

Photo :
  • U-Report

Almond dikenal memiliki kandungan nutrisi yang baik untuk kulit. Gunakan minyak almond untuk memijat bibir dengan lembut beberapa kali sehari. 

Pijatan dengan minyak almond bisa membantu melembapkan dan meningkatkan sirkulasi darah pada bibir. Selain minyak almond, kamu juga bisa memakai minyak kelapa sebagai cara memerahkan bibir secara alami.

3. Konsumsi air putih yang cukup

Ilustrasi minum air putih.

Photo :
  • U-Report

Kulit sangat membutuhkan air putih agar tetap sehat dan tampak terawat. Karena itu, pastikan untuk minum air putih yang cukup. Setidaknya, dalam sehari minum air putih sebanyak 2 liter.

Bibir termasuk area kulit yang cepat mengering dan pecah-pecah bila tubuh kekurangan air. Warnanya pun rentan berubah menjadi pucat dan gelap ketika pasokan air tidak mencukupi.

4. Gunakan beetroot

Buah bit.

Photo :
  • U-Report

Selain itu, beetroot alias buah bit juga bisa memerahkan bibir. Buah ini memiliki warna pigmen merah alami yang kuat. Kamu bisa mengoleskannya ke bibir setiap hari secara langsung, bisa juga mencampurnya dengan madu. 

Oleskan potongan atau campuran buah ini saat malam menjelang tidur, lalu bilas saat bangun di pagi hari. Dengan menerapkan cara ini, bibir akan tampak memerah, lembut, dan sehat. 

5. Kunyit

Gambar Kunyit

Photo :
  • U-Report

Kunyit memang berwarna kuning. Namun, bumbu dapur yang satu ini juga bisa mencerahkan warna kulit dan menyingkirkan sel kulit mati lho. 

Untuk memerahkan bibir dengan bahan alami ini, campur kunyit bubuk dengan susu cair hingga kental seperti pasta, lalu oleskan ke bibir. Biarkan sekitar 15-10 menit, kemudian bilas dengan air hangat. Lakukan ini secara rutin setiap hari untuk hasil yang maksimal.

Selain bahan-bahan di atas, kamu juga bisa menggunakan perasan lemon, mentimun, lidah buaya, dan bahan alami lain yang dikenal memiliki kandungan yang baik untuk kulit.

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya