Cuaca Panas, Lebih Sehat Mandi Air Dingin atau Hangat?

Ilustrasi mandi.
Sumber :
  • Pixabay

JAKARTA – Beberapa negara di Asia, termasuk Indonesia menghadapi cuaca ekstrem yang begitu panas. Selain mengidam minuman dingin yang menyegarkan, beberapa orang juga akan lebih memilih untuk mandi air dingin. Tapi, apakah itu keputusan tepat?

Pemprov Bali Bantah Komersialisasi Ritual Melukat Bagi Delegasi WWF

Diketahui, mandi dengan air terlalu dingin atau panas dapat memengaruhi sinyal panas tubuh. Menurut para ahli di Thompson Tee, mandi air panas dapat membuat tubuh akan semakin panas. Yuk, scroll untuk info selengkapnya.

Namun, mandi air dingin juga kontraproduktif, karena membuat tubuh berpikir bahwa itu dingin sehingga tidak perlu berkeringat, mekanisme pendinginan alami tubuh. Mandi air dingin juga bisa berdampak pada aliran darah ke kulit. 

Rey Mbayang Nyaris Meninggal saat Diving di Papua, Tabung Oksigen Bocor dan Kejang-kejang

Ahli kesehatan dan air dari Cladding Direct, Glen Coulson, mengatakan, meskipun mandi air dingin terasa seperti solusi sempurna untuk cuaca panas, namun air dingin akan mengurangi jumlah aliran darah ke kulit. 

Setelah Dubai, Hujan Ekstrem Diprakirakan Akan Landa Arab Saudi

"Itu tidak akan benar-benar menurunkan suhu inti tubuh - yang membuat tubuh bekerja sangat keras untuk menstabilkan selama gelombang panas," ujar Glen dikutip Metro, Jumat 23 Juni 2023.

Selama mandi air dingin, panas disimpan di dalam tubuh. Jadi dalam jangka pendek, mandi air dingin mungkin dapat mendinginkan tubuh. Tetapi begitu Anda keluar, Anda akan merasa lebih panas dari sebelum mandi air dingin. 

Glen juga memperingatkan bahwa berendam dalam air dingin yang beku dapat menyebabkan tubuh mengalami syok air dingin, yang dapat menyebabkan sejumlah reaksi, mulai dari hiperventilasi hingga serangan jantung. 

"Selalu disarankan untuk mandi air hangat, daripada memanjakan diri dengan air dingin," kata dia. 

Sementara menurut Dr Abha Gulati, konsultan dokter kulit di The Harley Street Dermatology Clinic, mandi air dingin adalah strategi yang baik untuk membantu mengatasi keringat berlebih dalam cuaca panas. 

Ilustrasi wanita mandi.

Photo :
  • U-Report

"Dan pastikan untuk mandi sedikit lebih alam untuk memastikan suhu tubuh Anda cukup rendah untuk menghentikan keringat," jelasnya. 

Dominic Lees-Bell di situs Drench juga merekomendasikan mandi air hangat, karena akan menurunkan suhu tubuh Anda dengan merangsang sistem termoregulasi tubuh. 

"Ini meningkatkan sirkulasi darah ke seluruh tubuh Anda dan menghasilkan pembuangan panas tubuh dan karenanya suhu tubuh menurun," paparnya. 

Menjelang akhir mandi, para ahli menyarankan untuk menurunkan panas secara bertahap dalam interval 10 detik untuk menyesuaikan diri dan mendinginkan tubuh. Menunggu beberapa detik di antara perubahan suhu akan membantu menurunkan suhu tubuh secara keseluruhan dan membuat Anda tetap sejuk. 

Bicara mandi air hangat atau dingin, rangkaian produk dari Rheem, berhasil dianugerahi penghargaan perak dan perunggu pada ajang Edison Awards 2023. Penghargaan Edison, yang dinamai dari penemu Amerika, Thomas Alva Edison, adalah penghargaan bergengsi taraf internasional yang mengakui inovasi untuk mengubah dunia dan pemikiran brilian di baliknya. Dengan menerimanya dua penghargaan dari ajang tersebut, merupakan bukti nyata dari janji Rheem dalam terus berinovasi dan menyediakan solusi canggih, serta berkualitas untuk para pelanggan.

Lynn Tan, Head of Marketing for Rheem Asia, mengatakan, akan terus berinovasi sehingga dapat memberikan produk terbaik bagi seluruh pelanggan. 

"Dengan menerima Edison Awards untuk kedua produk kami, ini telah menunjukkan dedikasi Rheem untuk terus meningkatkan dan berinovasi dalam memberikan solusi baru yang lebih maju. Kami berharap, kami dapat menghadirkan solusi baru ke pasar dan akan terus bekerja secara cermat dalam memastikan bahwa Rheem menghadirkan solusi yang lebih canggih, berkelanjutan, dan cerdas untuk pasar di seluruh dunia," ungkap Lynn Tan dalam keterangannya. 

Selain itu, Rheem ProTerra Plug-in Heat Pump Water Heater yang meraih penghargaan  perunggu dalam kategori Consumer Solutions, Sustainable Design dari Edison Awards, merupakan produk yang bersertifikat ENERGY STAR dan ideal untuk pengganti gas drop-in. 

Produk ini memiliki keunggulan yang dapat dihubungkan ke stopkontak 120V standar apa pun dan mampu meningkatkan efisiensi yang lebih tinggi tanpa perlu memasang layanan listrik 240V. Teknologi Wi-Fi EcoNet bawaannya memberikan kontrol pemanas air rumah tangga sehingga pemilik rumah dapat menyesuaikan suhu air dan melacak penggunaan energi dari smartphone. 

Semua nominasi ditinjau oleh Komite Pengarah Edison Awards, dengan pemungutan suara terakhir ditentukan oleh panel juri independen. Panel tersebut terdiri dari lebih dari 3.000 eksekutif bisnis senior dan akademisi dari bidang pengembangan produk, desain, teknik, sains, pemasaran dan pendidikan serta para pemenang sebelumnya.

Agus Tandany, Director of PT. Dewata Vulcanindo Suryajaya menyatakan kebanggaannya karena dapat menjadi distributor tunggal untuk Rheem di Indonesia. 

"Kami berharap, kami dapat terus menghadirkan solusi baru yang lebih baik untuk pelanggan kami di seluruh Indonesia. Keberadaan kami yang sudah cukup lama di pasar Indonesia memungkinkan kami untuk lebih memahami kebutuhan dan keinginan pelanggan, serta dengan bermitra baik bersama Rheem, memungkinkan kami untuk dapat memilih produk yang tepat untuk pasar Indonesia," kata dia.

"Faktanya, Rheem dan PT Dewata Vulcanindo Suryajaya akan menghadirkan rangkaian solusi pemanas air terbaru di ajang Indo Build Tech Expo dari tanggal 5 hingga 9 Juli 2023 di ICE BSD Tangerang," tutup Agus Tandany. 

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya