Tentang Sinar Matahari dan Dampaknya pada Kesehatan Kulit

Berjemur di sinar matahari
Sumber :
  • Times of India

JAKARTA – Kesehatan kulit adalah hal yang penting dalam menjaga penampilan dan kesejahteraan kita. Kulit merupakan organ terluar yang melindungi tubuh dari berbagai faktor lingkungan, salah satunya adalah sinar matahari. Sinar matahari memiliki pengaruh yang signifikan terhadap kesehatan kulit kita, baik secara positif maupun negatif.

Baru 2 Tahun di Penjara, Gaga Muhammad Dikabarkan Sudah Bebas hingga Bikin Netizen Geram

Secara positif, sinar matahari merupakan sumber utama vitamin D yang diperlukan oleh tubuh kita. Paparan sinar matahari pada kulit dapat merangsang produksi vitamin D, yang berperan penting dalam penyerapan kalsium dan menjaga kesehatan tulang. Vitamin D juga memiliki manfaat untuk menjaga keseimbangan hormon, meningkatkan sistem kekebalan tubuh, dan membantu mencegah berbagai penyakit. Scroll lebih lanjut ya.

Namun, sinar matahari juga memiliki efek negatif pada kulit jika tidak diatur dengan baik. Salah satu efek negatif yang paling dikenal adalah kerusakan kulit akibat paparan sinar ultraviolet (UV). Paparan sinar UV dapat menyebabkan berbagai masalah kulit, seperti penuaan dini, keriput, bintik-bintik hitam, hingga risiko terjadinya kanker kulit.

Lebih Dari Sekadar Lezat! Alpukat Ternyata Punya Segudang Manfaat untuk Kesehatan Jantung dan Kulit

Sinar UV terdiri dari sinar UVA dan UVB. Sinar UVA dapat merusak kolagen dan serat elastin dalam kulit, yang menyebabkan penuaan kulit. Sinar UVB, di sisi lain, dapat menyebabkan kulit terbakar matahari yang terlihat sebagai kemerahan dan iritasi pada kulit. Paparan berlebihan terhadap sinar UVB juga dapat meningkatkan risiko terjadinya kanker kulit.Oleh karena itu, penting bagi kita untuk melindungi kulit kita dari efek buruk sinar matahari. Beberapa langkah yang dapat diambil antara lain, menggunakan tabir surya: Gunakan tabir surya dengan SPF (Sun Protection Factor) yang sesuai dengan jenis kulit dan aktivitas di luar ruangan. Tabir surya harus melindungi dari sinar UVA dan UVB.

Selebgram Bro Jabro Meninggal Dunia

Salah satu pilihannya ada di Mislav yang dapat melindungi tubuh dari efek buruk akibat paparan sinar matahari, mengandung Tiny White yang bekerja sebagai brightening agent, menjaga kelembaban kulit dengan Vitamin E, Vitamin C sebagai antioksidan dan selain itu dia juga mengandung Panthenol, Bisabolol, Butyrospermum Parkii Butter serta wewangian Vanilla Scents.

“Produknya Mislav memiliki wewangian vanila yang nyaman dan memiliki tekstur yang sangat nyaman ketika digunakan di kulit saya. Semoga Mislav dapat menjadi produk kesayangan para pecinta bodycare di Indonesia," ungkap Selebgram Sarah Alana Gibson.

Bella Ashica

Photo :
  • dok pri

Mereka adalah brand baru yang menjual produk kesehatan kulit yamg mengusung konsep baru dan fresh. Ada kombinasi 11 kandungan aktif yang baik untuk kulit wanita maupun pria.

Produk ini hadir karena kecintaan sang owner, Bella Ashica pada perawatan kulit. Dikenal sebagai influencer muda sekaligus pengusaha, Bella sudah mulai meng-handle banyak usaha sejak duduk di bangku sekolah. Bella meyakini bahwa kecantikan dan kesehatan kulit adalah sebuah investasi seumur hidup dan merupakan awal dari pondasi kepercayaan diri seseorang.

Untuk mencegah paparan sinar mataharu juga bisa menggunakan pakaian pelindung. Saat berada di bawah sinar matahari yang terik, kenakan pakaian yang melindungi tubuh, seperti topi, kacamata hitam, dan pakaian dengan lengan panjang. 

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya