8 Penyebab Vertigo yang Bikin Pusing dan Kepala Berputar

Ilustrasi sakit kepala/demam.
Sumber :
  • Pexels/Andrea Piacquadio

VIVA Lifestyle – Sensasi pusing dan merasa kepala seperti berputar menjadi yang kerap dialami oleh pengidap vertigo. Penyakit vertigo rupanya apat mempengaruhi kualitas hidup seseorang dengan cara yang signifikan. Meskipun mungkin tampak seperti masalah ringan, vertigo sebenarnya bisa menyebabkan ketidakstabilan, mual, dan bahkan berisiko jatuh. 

Jangan Anggap Remeh, Ini 4 Tanda yang Menunjukkan Anda Alami Stres

Untuk menemukan cara terbaik mengatasi vertigo, langkah pertama yang penting adalah mengenali penyebab yang mendasarinya. Beragam kondisi kesehatan, mulai dari masalah telinga hingga gangguan neurologis, dapat menjadi penyebab vertigo.

Nah, kali ini VIVA akan dibahas beberapa penyebab umum vertigo dan bagaimana mengidentifikasinya yang dihimpun dari berbagai sumber. Scroll ke bawah untuk simak artikel selengkapnya. 

Dokter Boyke Ungkap Fetish Seks dengan Mayat hingga Penyebabnya

1. Benign Paroxysmal Positional Vertigo (BPPV)

PENYAKIT VERTIGO

Photo :
  • U-Report
Selebgram Meli Joker Bunuh Diri, Pemuda Indonesia Disebut Rentan Alami Gangguan Mental

BPPV adalah penyebab vertigo yang paling umum. Terjadi ketika partikel kecil kalsium yang disebut otoconia berada di dalam salah satu dari tiga saluran dalam telinga bagian dalam yang bertanggung jawab atas keseimbangan.

Ketika kamu mengubah posisi kepala secara tiba-tiba, partikel ini dapat mengganggu keseimbangan normal dan menyebabkan sensasi putaran yang kuat.

2. Vestibular Neuritis

vertigo

Photo :
  • U-Report

Vestibular neuritis adalah peradangan pada saraf vestibular dalam telinga bagian dalam yang berfungsi untuk mengirim sinyal keseimbangan ke otak.

Peradangan ini sering disebabkan oleh infeksi virus, dan gejalanya termasuk vertigo hebat, mual, dan muntah.

3. Meniere's Disease

Ilustrasi vertigo.

Photo :
  • U-Report

Meniere's disease adalah gangguan kronis pada telinga bagian dalam yang menyebabkan keseimbangan dan gangguan pendengaran.

Serangan vertigo pada penderita Meniere's disease dapat terjadi secara tiba-tiba dan berlangsung selama beberapa jam, disertai dengan tinitus (bunyi berdengung di telinga), penurunan pendengaran, dan rasa penuh di telinga.

4. Vertigo Vestibular Migraine

Ilustrasi terserang vertigo.

Photo :
  • U-Report

Beberapa migrain menyebabkan gejala vertigo, yang dikenal sebagai vertigo vestibular migrain. Ini adalah jenis migrain yang seringkali disertai dengan pusing, mual, dan sensitivitas terhadap cahaya dan suara.

5. Perubahan Tekanan Telinga

Wanitra vertigo.

Photo :
  • U-Report

Perubahan tekanan yang tajam pada telinga, seperti saat naik pesawat atau menyelam, dapat menyebabkan vertigo sementara karena perbedaan tekanan di telinga bagian dalam.

6. Tumor atau Gangguan Struktural di Telinga/Otak

Tumor otak.

Photo :
  • U-Report

Meskipun jarang, namun vertigo juga dapat disebabkan oleh tumor atau gangguan struktural di telinga bagian dalam atau bagian otak yang mengatur keseimbangan.

7. Efek Samping Obat

Ilustrasi beli obat bisa lewat layanan telefarmasi.

Photo :
  • vstory

Vertigo juga kemungkinan bisa disebabkan oleh efek samping dari obat. Beberapa obat, terutama obat-obatan ototoksik, dapat menyebabkan masalah keseimbangan dan menyebabkan vertigo.

8. Trauma Kepala

Ilustrasi seorang wanita mengalami pusing kepala

Photo :
  • U-Report

Terakhir, bisa disebabkan karena cedera kepala yang serius atau traumatis yang dapat mempengaruhi sistem keseimbangan di telinga atau otak sehingga menyebabkan vertigo.

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya