6 Penyebab Jerawat di Punggung dan Cara Mengatasinya

Ilustrasi jerawat punggung
Sumber :
  • Freepik/freepik

VIVA Lifestyle – Jerawat di punggung dapat menjadi masalah yang mengganggu dan mungkin cukup merusak kepercayaan diri. Tak hanya pada wajah, jerawat juga bisa muncul di area punggung akibat berbagai faktor, mulai dari produksi minyak berlebihan hingga faktor genetik.

Daftar Harga Pangan 29 April 2024: Beras hingga Telur Ayam Naik

Namun, dengan pemahaman yang tepat dan perawatan kulit yang baik, kamu dapat mengatasi masalah ini secara efektif. Maka dari itu, pada kali ini akan diberikan penjelasan mengenai penyebab-penyebab umum jerawat di punggung dan cara mengatasinya yang dihimpun dari berbagai sumber. Scroll ke bawah untuk simak artikel selengkapnya. 

1. Produksi Kelenjar Minyak Berlebihan

Penampilan Sekarang Beda Banget, Kiky Saputri dan Zsa Zsa Bongkar Rahasia Makin Glowing

Ilustrasi jerawat punggung

Photo :
  • Freepik/freepik

Kelenjar minyak di punggung dapat memproduksi minyak berlebihan, yang bisa menyumbat pori-pori dan menyebabkan jerawat. Minyak berlebihan juga dapat menjadi tempat yang baik bagi bakteri untuk berkembang.

5 Tips Merawat Kucing Peliharaan Agar Tetap Sehat dan Terhindar dari Penyakit

Cara Mengatasi: Gunakan pembersih yang lembut dan tidak mengiritasi kulit. Hindari membersihkan punggung terlalu keras karena dapat merangsang kelenjar minyak untuk memproduksi lebih banyak minyak. Gunakan produk yang mengandung bahan seperti asam salisilat untuk membantu mengelupas kulit mati dan membersihkan pori-pori.

2. Pori-pori Tersumbat

Ilustrasi punggung

Photo :
  • Freepik/freepik

Penyebab munculnya jerawat di punggung yang selanjutnya adalah karena pori-pori tersumbat. Pori-pori yang tersumbat oleh sel-sel kulit mati, minyak, dan kotoran dapat menyebabkan komedo dan jerawat.

Cara Mengatasi: Gunakan scrub atau eksfolian yang lembut secara teratur untuk menghilangkan sel-sel kulit mati dan mencegah pori-pori tersumbat. Hindari menggaruk atau memencet jerawat karena dapat memperburuk peradangan dan menyebabkan luka.

3. Faktor Hormonal

Ilustrasi jerawat punggung

Photo :
  • Freepik/freepik

Seperti jerawat di wajah, fluktuasi hormon dapat mempengaruhi produksi minyak kulit dan menyebabkan jerawat di punggung bisa muncul.

Cara Mengatasi: Perubahan gaya hidup sehat seperti makan makanan yang seimbang, berolahraga secara teratur, dan mengelola stres dapat membantu mengatur tingkat hormon. Jika jerawat parah dan berkaitan dengan masalah hormonal, konsultasikan dengan dokter atau ahli kulit untuk saran lebih lanjut.

4. Faktor Genetik

Selanjutnya, bisa juga disebabkan oleh faktor genetik. Kecenderungan genetik juga dapat mempengaruhi seseorang cenderung memiliki jerawat di punggung.

Cara Mengatasi: Meskipun tidak dapat sepenuhnya dihindari, langkah-langkah perawatan kulit yang baik dan menjaga kebersihan kulit tetap penting. Menggunakan pembersih dan produk perawatan yang sesuai dengan jenis kulitmu dapat membantu mengurangi risiko jerawat.

5. Penggunaan Produk Rambut

Ilustrasi shampo

Photo :
  • pixabay

Beberapa produk perawatan rambut mengandung bahan kimia yang dapat menyebabkan iritasi kulit dan jerawat di punggung jika tidak dicuci dengan baik. Maka dari itu, kamu harus lebih bersih setelah habis keramas, terutama bagi yang berambut panjang. 

Cara Mengatasi: Pastikan kamu mencuci rambut secara teratur dan bersihkan punggung setelah menggunakan produk perawatan rambut. Hindari membiarkan residu produk menempel pada kulit.

6. Pakaian Tidak Cocok

Ilustrasi pakaian

Photo :
  • Pixabay/KaoruYamaoka

Pakaian yang terlalu ketat atau membuat kulit punggung jadi tidak bernapas dapat menggesek dan mengiritasi kulit, menyebabkan peradangan dan jerawat.

Cara Mengatasi: Gunakan pakaian yang longgar dan terbuat dari bahan yang bernapas, seperti katun. Hindari penggunaan pakaian yang terlalu ketat atau gesper yang dapat menggosok kulit

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya