Kenapa Telinga Sakit Saat Memakai Headset?

Ilustrasi headset
Sumber :
  • Pixabay

VIVA Lifestyle  – Banyak orang yang menghabiskan waktu berjam-jam dengan headset, baik untuk mendengarkan musik, bermain video game, telekonferensi, atau hanya menonton film. 

Parto Patrio Terbaring Lemah di RS Usai Operasi, Istri: Patah Hati Aku

Namun, beberapa dari kita mungkin pernah mengalami ketidaknyamanan atau bahkan rasa sakit di telinga setelah memakai headset dalam waktu yang lama. Lalu, apa penyebabnya?

1. Tekanan Pada Daun Telinga

Eko Patrio Ungkap Sakit yang Diidap Parto Hingga Harus Dioperasi

Headset over-ear atau on-ear memiliki cangkang yang menekan langsung pada daun telinga kita. Tekanan konstan dari cangkang headset, terutama jika digunakan dalam durasi yang lama, bisa menyebabkan daun telinga menjadi nyeri.

2. Volume yang Terlalu Keras

Istri Ungkap Kondisi Terkini Parto Patrio Usai Jalani Operasi

Mendengarkan suara dengan volume yang terlalu keras melalui headset dapat menyebabkan trauma akustik yang menyebabkan nyeri pada telinga bagian dalam. Selain itu, paparan suara keras dalam waktu lama dapat meningkatkan risiko kerusakan pendengaran.

3. Infeksi Telinga

Illustrasi Mendengarkan Musik

Photo :
  • pixabay

Bakteri dapat berkembang biak di dalam earpad headset jika tidak dibersihkan dengan rutin, terutama jika headset tersebut digunakan oleh banyak orang. Bakteri ini dapat memicu infeksi pada daun telinga atau saluran telinga luar, yang dikenal sebagai otitis eksterna.

4. Reaksi Alergi

Beberapa orang mungkin memiliki alergi terhadap bahan yang digunakan pada earpad atau band headset, seperti karet, busa, atau jenis bahan sintetis lainnya. Reaksi alergi ini dapat menyebabkan gatal, kemerahan, dan rasa sakit di area yang bersentuhan dengan headset.

5. Pemakaian dalam Durasi yang Lama

Ilustrasi mendengarkan musik.

Photo :
  • Pixabay

Memakai headset dalam waktu yang lama tanpa jeda dapat meningkatkan tekanan pada kepala dan telinga, yang pada akhirnya dapat menyebabkan rasa sakit.

Cara Mengatasi dan Pencegahan

Ilustrasi headset

Photo :
  • Pixabay

- Gunakan Headset dengan Bijak
Jangan gunakan headset dalam volume maksimal dan beri jeda setiap satu jam penggunaan.
- Pilih Headset yang Nyaman
Pertimbangkan untuk memilih headset dengan earpad yang empuk dan dapat "bernafas", serta memiliki band yang bisa diatur.
- Bersihkan Headset Secara Rutin
Pastikan earpad headset selalu bersih dari kotoran dan keringat untuk mencegah bakteri.
- Konsultasi dengan Dokter
Jika rasa sakit berlanjut atau disertai dengan gejala lain seperti keluarnya cairan atau pendengaran yang berkurang, segera konsultasikan dengan dokter.

Dengan memahami penyebab sakit telinga saat memakai headset dan cara mencegahnya, kamu bisa tetap menikmati aktivitas kamu dengan headset tanpa harus merasakan ketidaknyamanan di telinga.

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya