7 Cara Mengatasi Alergi Debu dan Polusi yang Ampuh!

Polusi Jakarta
Sumber :
  • Istimewa

Jakarta – Alergi debu dan polusi udara telah menjadi masalah kesehatan yang semakin umum di tengah perkembangan perkotaan dan peningkatan polusi udara. Pemaparan jangka panjang terhadap partikel-partikel debu dan polutan di udara dapat menyebabkan gangguan pernapasan dan masalah kesehatan lainnya.

Penyakit Kronis Jangan Diabaikan, Ini Gejala Meningitis yang Bisa Terjadi pada Jemaah Haji dan Umrah

Namun, dengan langkah-langkah pencegahan dan pengobatan yang tepat, kamu dapat mengatasi alergi debu dan polusi untuk menjaga kesehatan tubuh kamu. Simak cara mengatasi alergi debu dan polusi yang VIVA lansir dari berbagai sumber sebagai berikut:

Suasana gedung bertingkat yang terlihat samar karena polusi udara di Jakarta.

Photo :
  • ANTARA FOTO/Fauzan/nym.

1. Menjaga Kebersihan Rumah

Langkah pertama dalam mengatasi alergi debu adalah menjaga kebersihan rumah kamu. Bersihkan rumah secara rutin dengan menyapu, mengepel, dan membersihkan permukaan dari debu. Gunakan vacuum cleaner dengan filter HEPA (High Efficiency Particulate Air) untuk mengurangi partikel debu di udara dan permukaan.

2. Gunakan Alat Penyaring Udara

Alat penyaring udara, juga dikenal sebagai purifier, dapat membantu menghilangkan partikel debu dan polusi dari udara di dalam ruangan. Pilih alat yang memiliki filter HEPA untuk menyaring partikel-partikel kecil yang dapat menyebabkan alergi. Tempatkan alat penyaring udara di ruangan yang sering kamu gunakan, seperti kamar tidur atau ruang keluarga.

3. Gunakan Masker

Saat berada di luar ruangan, terutama di daerah dengan tingkat polusi yang tinggi, gunakan masker pelindung. Masker ini dapat membantu menghalangi partikel debu dan polusi masuk ke saluran pernapasan kamu, sehingga mengurangi risiko alergi dan masalah pernapasan.

4. Jaga Kelembapan Udara

Ilustrasi alergi.

Photo :
  • www.dailymail.co.uk

Mempertahankan kelembapan udara di dalam rumah dapat membantu mengurangi partikel debu yang beredar di udara. Gunakan humidifier jika udara di dalam ruangan terlalu kering. Namun, pastikan juga untuk membersihkan humidifier secara rutin agar tidak menjadi tempat berkembangbiaknya bakteri.

5. Cuci Pakaian dan Peralatan Tidur secara Rutin

Cuci pakaian, sprei, dan selimut secara rutin menggunakan air panas untuk membunuh tungau debu dan menghilangkan partikel debu lainnya. Gunakan sarung bantal dan sarung pelindung matras yang dapat di cuci dengan mudah.

6. Konsultasi dengan Dokter

ilustrasi hukum pasien dengan dokter

Photo :
  • vstory

Jika alergi debu dan polusi kamu cukup parah dan mengganggu kualitas hidup kamu segera konsultasikan dengan dokter. Dokter dapat melakukan tes alergi untuk mengidentifikasi pemicu alergi dan memberikan rekomendasi pengobatan yang sesuai, seperti obat antihistamin atau inhaler.

7. Tingkatkan Sistem Kekebalan Tubuh

Tingkatkan sistem kekebalan tubuh kamu melalui pola makan yang sehat, olahraga teratur, dan cukup istirahat. Sistem kekebalan tubuh yang kuat dapat membantu tubuh kamu lebih tahan terhadap efek alergen dan polusi.

Dengan langkah-langkah pencegahan dan perawatan yang tepat, kamu dapat mengatasi alergi debu dan polusi untuk menjaga kesehatan pernapasan dan kualitas hidup kamu. Jika masalah alergi kamu semakin parah atau berlangsung lama, segera konsultasikan dengan profesional medis untuk solusi yang lebih komprehensif.

Tim gabungan membawa korban banjir yang sakit dari helikopter Bell BNPB menuju Pos Kesehatan di Pos Komando Utama Tanggap Darurat Banjir dan Tanah Longsor Kabupaten Luwu, Sulawesi Selatan, Rabu, 8 Mei 2024.

Puluhan Korban Banjir dan Longsor di Luwu yang Terisolasi Dievakuasi dengan Helikopter

Sebanyak 27 korban yang sakit dari daerah terisolasi akibat banjir dan longsor dibawa menggunakan helikopter ke RSUD Batara Guru di Belopa, Luwu, Sulawesi Selatan.

img_title
VIVA.co.id
8 Mei 2024