7 Bahaya Sering Mengikat Rambut dengan Kencang

Ilustrasi rambut dikuncir
Sumber :
  • Pixabay

VIVA Lifestyle – Bagi sebagian orang, mengikat rambut mungkin menjadi pilihan gaya atau kepraktisan dalam keseharian. Namun, sering mengikat rambut terlalu kencang dapat membawa beberapa dampak negatif bagi kesehatan rambut dan kulit kepala. 

Geger Seorang Remaja Alami Hal mengerikan Ini Gegara Ikut Challenge di Sosmed

Lantas, apa saja bahaya yang mengintai jika sering mengikat rambut dengan kencang? Yuk simak informasi selengkapnya berikut ini.

1. Kerontokan Rambut (Traction Alopecia)

Potret Terakhir Babe Cabita Sebelum Meninggal Dunia, Botak Tanpa Rambut Kribonya

Ilustrasi rambut rontok

Photo :
  • Pixabay/ slavoljubovski

Mengikat rambut dengan sangat kencang dapat menyebabkan kondisi yang dikenal sebagai traction alopecia, yaitu kerontokan rambut yang disebabkan oleh tekanan konstan pada folikel rambut. Jika dibiarkan dalam jangka waktu lama, kondisi ini dapat menyebabkan kerontokan permanen.

Dishub Tangerang Gelar Ramp Check di 20 PO Bus Mudik, Klakson Turut Diperiksa

2. Pecahnya Ujung Rambut

Rambut yang sering diikat dengan kencang lebih rentan mengalami kerusakan, terutama di bagian ujung rambut. Ujung rambut yang pecah membuat rambut tampak kusam dan tidak sehat.

3. Sakit Kepala

Ilustrasi rambut dikuncir

Photo :
  • Pixabay

Mengikat rambut dengan kencang dapat menimbulkan ketegangan pada kulit kepala, yang mungkin dapat menyebabkan sakit kepala tegang.

4. Kerusakan Folikel Rambut

Tekanan konstan dari mengikat rambut dengan kencang dapat merusak folikel rambut, yang dapat menghambat pertumbuhan rambut baru.

5. Iritasi Kulit Kepala

Kekencangan pada ikatan rambut bisa menyebabkan iritasi pada kulit kepala, seperti kemerahan atau rasa gatal.

6. Bintik-bintik Patah

Ilustrasi rambut dikuncir

Photo :
  • Pixabay

Dikenal juga sebagai "ponytail-induced papules", kondisi ini muncul akibat tekanan konstan dari pengikatan rambut yang kencang, yang menyebabkan bintik-bintik patah pada kulit kepala.

7. Gangguan Tidur

Mengikat rambut saat tidur, terutama dengan kencang, dapat mengganggu kualitas tidur karena rasa tidak nyaman pada kepala.

Dalam mengikat rambut, sebaiknya lakukan dengan tidak terlalu kencang dan variasikan gaya rambut dari waktu ke waktu. Hal ini akan membantu mengurangi tekanan pada folikel rambut dan mencegah kerusakan. 

Jika kamu mengalami gejala-gejala seperti kerontokan yang berlebihan atau iritasi kulit kepala, sebaiknya konsultasikan dengan dokter atau spesialis kulit dan rambut.

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya