10 Tips Ampuh Meredakan Sakit Perut Akibat Makanan Pedas

Ilustrasi cabai.
Sumber :

VIVA Lifestyle – Makanan pedas memang sangat lezat, tetapi bagi sebagian orang, konsumsi makanan pedas bisa berujung pada rasa sakit perut yang tidak menyenangkan. Jika Anda termasuk dalam kategori tersebut, jangan khawatir.

5 Makanan yang Tidak Boleh Dikonsumsi oleh Penderita Asam Lambung, Apa Saja?

Artikel ini akan memberikan Anda 10 tips ampuh untuk meredakan sakit perut setelah makan makanan pedas, dihimpun dari berbagai sumber.

1. Air Putih adalah Teman Terbaik

Daftar Harga Pangan 25 April 2024: Bawang Merah hingga Daging Sapi Naik

Salah satu cara tercepat untuk meredakan sensasi panas dan perut kembung setelah makan makanan pedas adalah dengan minum banyak air putih. Air akan membantu menetralisir rasa pedas dan mendinginkan perut Anda.

2. Susu atau Yogurt

Daftar Harga Pangan 24 April 2024: Beras hingga Gula Konsumsi Naik

Susu atau yogurt mengandung kasein, senyawa yang dapat membantu meredakan rasa pedas pada mulut dan perut Anda. Minum segelas susu atau makan yogurt setelah makan makanan pedas dapat memberikan bantuan yang signifikan.

3. Konsumsi Makanan Berserat Tinggi

Makanan berserat tinggi seperti roti gandum utuh atau beras merah dapat membantu menyerap sebagian dari pedasnya makanan yang telah Anda makan, membantu meredakan perut Anda.

4. Hindari Minuman Beralkohol dan Berkafein

Minuman beralkohol dan berkafein dapat membuat perut Anda lebih sensitif terhadap makanan pedas. Sebaiknya hindari minuman-minuman ini setelah makan makanan pedas.

5. Mint dan Peppermint

Peppermint memiliki sifat yang menenangkan pada perut dan dapat membantu meredakan perasaan tidak nyaman. Cobalah minum teh mint atau kunyah permen peppermint.

Ilustrasi menahan lapar, sakit perut.

Photo :
  • Pixabay/ mohamed-hassan

6. Jahe

Jahe dikenal memiliki sifat anti-inflamasi dan dapat membantu meredakan perut yang terasa panas setelah makan makanan pedas. Anda bisa mencoba minum teh jahe atau mengunyah potongan jahe segar.

7. Jangan Merokok

Merokok dapat membuat perut Anda lebih sensitif, sehingga sebaiknya hindari merokok setelah makan makanan pedas.

8. Perbanyak Porsi Makanan Bersuhu Dingin

Makanan yang bersuhu dingin seperti es krim atau yogurt beku dapat membantu mendinginkan mulut dan perut Anda setelah makan makanan pedas.

Ilustrasi makanan bercitarasa pedas.

Photo :
  • Pixabay/27707

9. Istirahat

Segeralah beristirahat setelah makan makanan pedas. Berbaring dengan posisi setengah duduk atau rebahan miring dapat membantu meredakan sensasi panas pada perut.

10. Perhatikan Portion Control

Jika Anda tahu bahwa Anda memiliki sensitivitas terhadap makanan pedas, sebaiknya perhatikan seberapa banyak Anda makan. Hindari makan berlebihan agar tidak mengalami sakit perut yang lebih parah.

Sakit perut akibat makanan pedas memang dapat mengganggu kenyamanan Anda, tetapi dengan mengikuti beberapa tips di atas, Anda dapat meredakan gejalanya dengan lebih baik. Selalu ingat untuk mendengarkan tubuh Anda dan berhenti makan makanan pedas jika Anda merasa tidak nyaman. Semoga tips-tips di atas bermanfaat dan membantu Anda menikmati makanan pedas tanpa merasa takut sakit perut.

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya