Tips Olahraga Tanpa Celana Dalam, Begini Kata Pakar

Ilustrasi olahraga.
Sumber :
  • Pixabay

VIVA – Para pakar kesehatan punya pendapat berbeda mengenai gagasan berolahraga tanpa atau mengenakan celana dalam. Direktur penelitian klinis dermatologi di Mount Sinai Hospital, Joshua Zeichner mengatakan, orang yang menggunakan legging atau celana kompresi selama berolahraga, ada argumen berolahraga tanpa pakaian dalam sebenarnya lebih sehat untuk kulit.

5 Tips untuk Mengontrol Emosi secara Efektif, Menghadapi Emosi dengan Tenang

Menurutnya, beberapa jenis pakaian dalam tertentu, seperti yang terbuat dari katun, mungkin dapat menjebak keringat di kulit saat berolahraga. 

Ilustrasi tempat berolahraga

Photo :
  • Istimewa
Tentara Israel Jatuh Cinta ke Intel Iran yang Nyamar Jadi Wanita, Bocorkan Rahasia Militer

Jodie Horton, seorang ahli kebidanan-ginekologi di Love Wellness, menjelaskan bahwa pada wanita, daerah intim yang juga dikenal sebagai "miss V" atau vagina, memiliki bakteri alami yang mencegah pertumbuhan bakteri berbahaya seperti vaginosis dan jamur dalam jumlah berlebihan. Namun, lingkungan hangat dan lembab setelah berolahraga dapat menjadi tempat yang ideal bagi infeksi.

Dia menyatakan bahwa mengenakan pakaian dalam tambahan hanya akan menambah lapisan penghalang yang dapat menjebak kelembapan, yang pada gilirannya dapat menyebabkan iritasi, lecet, gatal, dan sensasi terbakar.

Mengenal Dickmorphia, Istilah Bagi Kaum Pria yang Khawatir dengan Ukuran Penis Kecil

Dengan kata lain, melepaskan pakaian dalam dapat membantu mencegah masalah ini, terutama bagi individu yang rentan terhadap infeksi.

Di sisi lain, jika kamu cenderung mengeluarkan banyak keringat saat berolahraga, terutama jika kamu seorang pria, kamu mungkin akan mengalami iritasi di daerah bawah tubuh. 

Oleh karena itu, gagasan bahwa tidak mengenakan pakaian dalam untuk mengurangi ketidaknyamanan ini adalah kesalahan, menurut pendapat ahli urologi di Mount Sinai Hospital, Robert J. Valenzuela.

“Meskipun tidak ada risiko kesehatan yang parah jika tidak mengenakan pakaian dalam saat berolahraga, ada kondisi kulit tertentu yang dapat menjadi lebih buruk, seperti gatal di selangkangan, ruam merah dan gatal yang dapat berkembang di selangkangan dan meluas ke area genital,” kata Valenzuela, dikutip dari Antara, Jumat, 3 November 2023.

“Kulit mengelupas juga bisa terjadi karena gesekan terus-menerus organ intim dengan pakaian yang tidak dirancang sebagai pelindung, ini bisa sangat mengiritasi dan dapat mengganggu aktivitas seksual,” imbuh dia.

Terlebih lagi, ada pandangan bahwa berolahraga tanpa pakaian dalam dapat membantu menjaga testis tetap dingin dan dengan demikian menjaga atau meningkatkan kesuburan pria. Namun, pandangan ini tidak benar.

Valenzuela menjelaskan bahwa testis seharusnya tetap dalam suhu yang lebih rendah dibandingkan suhu tubuh (ini sebabnya organ ini berada di luar tubuh).

Menurutnya, kenaikan suhu testis yang hanya sementara selama berolahraga tidak signifikan cukup untuk memengaruhi kesuburan.

Tips Berolahraga Tanpa Celana Dalam

ilustrasi olahraga lari.

Photo :
  • Pixabay

Keputusan apakah ingin mengenakan pakaian dalam atau tidak saat berolahraga adalah pilihan kamu, namun Valenzuela menekankan bahwa menjaga kebersihan adalah prioritas utama.

Jika kamu memilih untuk tidak mengenakan pakaian dalam, Zeichner merekomendasikan untuk menggunakan celana atau celana pendek yang memungkinkan keringat dapat menguap dari kulit.

Menurut Horton, bahan seperti nilon dan spandeks adalah pilihan terbaik untuk menjaga kelembapan dan menjaga daerah intim tetap kering, bahkan selama aktivitas olahraga yang paling intens.

Selain itu, penting untuk segera mandi setelah berolahraga untuk membersihkan area yang berkeringat dan mencegah pertumbuhan berlebihan bakteri atau jamur pada kulit.

“Jika kamu sedang terburu-buru, kamu bisa mengganti dengan pakaian kering dan bersih segera setelah kamu berolahraga,” kata Dr. Horton.

Untuk para pria, pertimbangkanlah untuk memilih pakaian yang memberikan dukungan pada area genital. Misalnya, mengenakan celana kompresi yang memberikan dukungan dapat membantu mengurangi kebutuhan untuk mengenakan pakaian dalam.

Selain itu, jika kamu ingin menjaga kelembapan kulit sebelum berolahraga, kamu dapat mengoleskan salep oklusif di area di mana gesekan kulit dan pakaian terjadi.

“Bedak bayi bisa jadi pilihan bagus dan murah untuk menjaga kulit tetap kering bagi pria. Bubuk itu membantu menyerap kelembapan dan mencegah pertumbuhan mikroorganisme berlebihan yang seharusnya tumbuh di lingkungan yang lembap,” kata Valenzuela.

Ia merekomendasikan untuk menaburkan bedak sebelum berolahraga dan setelah mandi.

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya