4 Makanan dan Minuman Ini Perlu Diwaspadai Penderita Maag dan GERD

Refluks asam lambung, sakit lambung, gerd
Sumber :
  • Pixabay/ Robystarm

JAKARTA – Penderita penyakit lambung seperti maag dan GERD dihadapkan pada tantangan sehari-hari dalam memilih jenis konsumsi makanan. Menurut para ahli kesehatan, asupan yang tidak tepat dapat memperparah kondisi, memicu kambuhnya gejala dan mengakibatkan ketidaknyamanan bagi penderita. Untuk itu, pengetahuan mengenai makanan yang sebaiknya dihindari menjadi informasi penting bagi penderita maag dan GERD.

10 Tips Redakan Nyeri Haid dengan Cara Alami

Berikut adalah daftar makanan yang perlu diwaspadai:

1. Makanan Asam

5 Tips Pilih Camilan Sehat Buat Anak, Jangan Cuma Lezat Bun!

Makanan dengan tingkat keasaman yang tinggi seperti buah-buahan tertentu dan makanan yang mengandung cuka dapat berpotensi besar memperburuk gejala asam lambung. Oleh karena itu, penderita dianjurkan untuk membatasi konsumsi jenis makanan ini dan jika perlu, mengonsumsinya setelah makanan lain untuk mengurangi dampaknya.

Weekend ke Mana? Yuk, Nikmati Hidangan ala Gourmet Cocok Buat Temen Nongkrong

2. Gorengan dan Makanan Berlemak

Lemak yang terkandung dalam makanan berminyak dan gorengan memiliki potensi untuk meningkatkan asam lambung. Produk-produk seperti cokelat dan makanan bersantan juga termasuk dalam kategori yang harus dihindari. Kunci pengelolaannya adalah dengan membatasi konsumsi hingga porsinya minimal dan tidak mengonsumsi setiap hari.

3. Sambal dan Makanan Pedas

Makanan pedas diketahui dapat meningkatkan produksi asam lambung, yang berakibat pada rasa nyeri perut dan ketidaknyamanan. Oleh karena itu, penderita disarankan untuk menghindari berbagai jenis makanan yang mengandung unsur pedas.

4. Makanan dan Minuman Mengandung Gas

Minuman diet bersoda

Photo :
  • The Sun

Minuman bersoda dan makanan yang cenderung menghasilkan gas dalam sistem pencernaan bisa memicu peningkatan asam lambung dan memperburuk gejala maag. Maka dari itu, penderita disarankan untuk menghindari konsumsi minuman berkarbonasi dan makanan bergas lainnya.

Di sisi lain, penanganan maag dan GERD tidak hanya fokus pada penghindaran makanan tertentu, namun juga melalui penggunaan obat-obatan yang tepat. Fazmaag Obat Maag Herbal muncul sebagai solusi dengan klaim bahwa produk ini terbuat dari bahan alami yang efektif untuk mengatasi masalah asam lambung dan mengurangi kecenderungan kambuhnya penyakit. drg. Like Rosita, pemilik dari Fazmaag, menekankan bahwa produk ini dirancang untuk tidak hanya meredakan gejala tetapi juga menangani akar permasalahan asam lambung.

Menurut testimoni beberapa pengguna, obat-obatan kimia yang umum digunakan seringkali hanya meredakan gejala sementara dan memiliki efek samping yang bisa merusak dinding lambung. Berbeda dengan Fazmaag yang diklaim sebagai obat tradisional tanpa efek samping dan mampu menuntaskan hingga sumber permasalahan.

Fazmaag Obat Maag Herbal ini tidak hanya memberikan efek pereda gejala seperti mual, muntah, dan nyeri ulu hati, tetapi juga bertujuan untuk mengurangi kejadian kambuhnya maag dan GERD, memungkinkan penderita menjalani aktivitas sehari-hari dengan lebih normal dan nyaman.

“Fazmaag Herbal lahir untuk membantu agar maag, GERD, gangguan asam lambung tidak mudah kambuh lagi”, ujar drg. Like Rosita sebagai owner Fazmaag melalui keterangannya.

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya