Sembelit Tak Kunjung Sembuh? Ini Penyebab dan 5 Cara Mengatasinya

Sakit perut
Sumber :
  • Times of India

Jakarta – Sembelit atau konstipasi adalah kondisi di mana seseorang mengalami kesulitan saat ingin buang air besar (BAB), biasanya kondisi ini disebabkan feses yang keras dan kering akibat kurang serat.

7 Manfaat Luar Biasa Buah Pepaya untuk Kesehatan Tubuh, Bisa Jaga Kesehatan Kulit

Umumnya, gejala sembelit ditandai dengan BAB yang tidak teratur, dengan frekuensi kurang dari 3 kali seminggu. Jika dibiarkan kondisi ini juga akan mempengaruhi kesehatan fisik pengidapnya. 

Oleh karena itu sembelit ini tidak dapat disepelekan dan perlu segera ditangani apabila Anda mengalaminya. Nah, untuk mencegahnya, coba lakukan beberapa tips berikut ini:

5 Manfaat Rebusan Air Daun Salam, Bisa Bantu Kurangi Kadar Gula Darah

1. Konsumsi makanan berserat

Jarang Disadari, Ini 5 Manfaat Luar Biasa Daun Sirih untuk Kesehatan Tubuh

Mengutip beberapa sumber, Senin, 27 November 2023, serat disebut bisa membantu memperlunak tinja sehingga mempermudah kerja usus, oleh karenanya apabila Anda mengalami sembelit, disarankan untuk mengonsumsi buah-buahan atau sayuran tinggi serat.

Beberapa makanan yang mengandung serat tinggi adalah: pisang, pir, alpukat, kacang almond, ubi jalar dan wortel.

2. Minum air putih

Saat merasakan gejala sembelit, disarankan Anda mengonsumsi cukup air setiap hari. Air dapat membantu melunakkan tinja sehingga membantu dalam proses pencernaan.

Pada orang dewasa, konsumsi air putih yang disarankan yaitu sekitar delapan gelas berukuran 230 ml per hari atau total 2 liter.

Sakit perut

Photo :
  • Times of India

3. Rutin olahraga

Olahraga ringan menjadi cara mengatasi sembelit selanjutnya. Pada pengidap kondisi tersebut, olahraga ringan dengan berjalan cepat setiap hari dapat memperbaiki gejala gangguan pencernaan.

Jangan melakukan olahraga dalam intensitas tinggi. Alih-alih membaik, gejala dapat memburuk setelah beraktivitas.

4. Menggunakan pencahar

Jika sederet tips di atas telah dilakukan namun belum juga ada perubahan, Anda dapat menggunakan obat pencahar untuk mengatasi sembelit. Namun, jangan gunakan obat ini terlalu sering karena dikhawatirkan terjadi ketergantungan dan merusak sistem alami pencernaan.

Ilustrasi sakit perut.

Photo :
  • Pexels/sora shimazaki

5. Konsultasi kepada dokter

Umumnya sembelit dapat sembuh dengan sendirinya, namun apabila sembelit tak kunjung sembuh atau selalu terjadi berulang-ulang, disarankan Anda berkonsultasi dengan dokter. Mereka dapat memberikan penanganan sesuai dengan apa yang Anda butuhkan.

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya