Sariawan Bikin Gak Nyaman, Begini Cara Mudah Mengatasinya

Ilustrasi sariawan
Sumber :
  • Eat This

VIVA – Munculnya sariawan di mulut memang sangat mengganggu, terlebih ketika luka kecil itu terkena makanan yang kita konsumsi, rasa sakit dan gatal bercampur jadi satu.

7 Manfaat Luar Biasa Buah Pepaya untuk Kesehatan Tubuh, Bisa Jaga Kesehatan Kulit

Sariawan umumnya akan hilang dalam beberapa hari, namun bagi sebagian orang sariawan baru dapat hilang dalam berminggu-minggu.

Luka sariawan bisa berbentuk oval atau bulat, dan berwarna putih atau kuning dengan tepiannya yang berwarna merah akibat peradangan. Sariawan yang muncul bisa berjumlah satu atau lebih.

8 Manfaat Susu Kedelai untuk Kesehatan, Bisa Meredakan Gejala Menopause

Penyebab sariawan

Ada Luka di Dada hingga Leher pada Wanita yang Ditemukan Tewas di Dermaga Pulau Pari

Sariawan dapat disebabkan oleh beberapa faktor yang berbeda, di antaranya:

Tergigit 

Umumnya sariawan sering kali muncul akibat tergigit pada lidah atau pipi, cedera akibat sikat gigi yang terlalu keras, atau luka akibat penggunaan kawat gigi.

Infeksi virus atau bakteri

beberapa jenis virus atau bakteri juga dapat menyebabkan sariawan, terutama pada orang dengan sistem kekebalan tubuh yang lemah.

Kurang nutrisi

Kurangnya asupan beberapa nutrisi penting, seperti vitamin B12, zat besi, atau asam folat, dapat menyebabkan munculnya sariawan.

Sariawan

Photo :
  • Pinkvilla

Sistem kekebalan tubuh lemah

orang dengan sistem kekebalan tubuh yang lemah atau gangguan autoimun tertentu cenderung lebih rentan menderita sariawan.

Rokok dan alkohol

Kebiasaan merokok dan mengonsumsi minuman beralkohol dapat meningkatkan risiko munculnya sariawan.

Faktor genetik

Beberapa orang mungkin memiliki kecenderungan genetik untuk lebih sering mengalami sariawan.

Cara mengobati sariawan

Sariawan umumnya akan sembuh sendiri dalam waktu beberapa hari hingga minggu. Namun, Anda bisa mencoba beberapa cara alami untuk mengatasi sariawan dan mengurangi rasa tidak nyaman akibat luka kecil itu.

Saat sariawan disarankan untuk menghindari penggunaan pasta gigi, sebab pada pasta gigi terdapat bahan-bahan yang dapat memicu iritasi.

Kemudian hindari menyentuh area sariawan dengan lidah atau gigi, karena hal ini dapat memperburuk kondisi dan menyebabkan infeksi.

Sariawan pada bayi membuat kita bingung

Photo :
  • vstory

Sebaiknya, coba Anda perbanyak konsumsi makanan mengandung serat. Hindari makanan-makanan yang terlalu pedas, asin, asam dan panas. Buah-buahan adalah sumber serat yang baik. Beberapa buah yang kaya serat antara lain apel, pir, stroberi, jeruk dan pisang.

Untuk mengatasi rasa perih yang ditimbulkan sambil menunggu proses penyembuhannya, Anda bisa kompres sariawan menggunakan es. Bungkus beberapa es dalam kain bersih dan tempelkan dari luar mulut area sariawan selama beberapa menit.

Apabila sariawan tak kunjung sembuh setelah lebih dari tiga minggu, ada baiknya Anda segera lakukan pemeriksaan ke rumah sakit untuk mengetahui penyebabnya.

Jasa membersihkan lampu mobil.

6 Cara Ampuh dan Mudah Bersihkan Mika Lampu Mobil yang Kusam

Lampu mobil menjadi salah satu komponen penting, karena menyangkut dengan keselamatan pengendara dan juga pengguna jalan lainnya. Maka itu, mika lampu jangan sampai kusam

img_title
VIVA.co.id
25 April 2024