Bukan Cuma Pusing, Gejala Vertigo Juga Bisa Sebabkan Kecelakaan hingga Stroke

Ilustrasi mengalami pusing.
Sumber :
  • Halomoney

VIVA – Vertigo merupakan gejala yang sering dianggap sepele oleh sebagian orang. Padahal, vertigo bisa sangat mengganggu aktivitas sehari-hari hingga menimbulkan bahaya jika gejalanya telah parah.

Apes, Karyawan Diler Bikin Ferrari F40 Seharga Rp51 Miliar Ringsek Parah

Mengutip beberapa sumber, Rabu,29 November 2023, vertigo terdapat dua jenis yakni, vertigo sentral dan perifer.

Vertigo sentral adalah jenis vertigo yang disebabkan oleh gangguan pada otak, seperti infeksi, stroke, atau cedera otak.

MPMInsurance Ungkap Perlindungan Asuransi Kecelakaan yang Banyak Orang Belum Tahu

Adapun, vertigo perifer yakni jenis vertigo yang terjadi karena gangguan pada saraf atau organ keseimbangan yang ada di telinga bagian dalam, misalnya BPPV, penyakit Meniere, labirinitis, atau neuritis vestibular. Vertigo perifer merupakan jenis vertigo yang paling sering terjadi.

Fakta-fakta Dua Helikopter AL Malaysia Tabrakan di Udara, 10 Orang Tewas

Gejala Vertigo

Saat mengalami gejala vertigo, seseorang akan merasa kunang-kunang atau kliyengan hingga lingkungan sekitar terasa berputar. Dalam keadaan tersbeut, penderita vertigo mungkin akan kesulitan untuk berdiri atau berjalan hingga merasa mual.

Selain itu, kepala juga akan terasa pusing, gerakan mata abnormal atau tak terarah, tubuh menjadi berkeringat, hingga suara denging di telinga yang sebabkan rasa tidak nyaman.

Berikut ini, dampak yang perlu diwaspadai saat Anda secara tiba-tiba mengalami gejala vertigo seperti yang disebutkan di atas:

Ilustrasi seseorang mengalami vertigo

Photo :
  • flickr

1. Terjatuh

Bahaya vertigo yang kemungkinan juga bisa dialami adalah terjatuh hingga mengalami cedera. Penderita vertigo perlu meningkatkan kewaspadaan saat menuruni anak tangga atau mengambil sesuatu yang memerlukan tangga.

2. Kecelakaan

Jika Anda sering mengalami vertigo dengan gejala pusing ingga pandangan mata abnormal, namun juga sering berkendara sendiri, sebaiknya selalu tingkatkan kewaspadaan agar lebih berhati-hati. Sebab, jika vertigo kambuh saat berkendara, ini dapat membahayakan nyawa Anda dan orang lain.


Source : Toyota

3. Gangguan pendengaran

Apabila vertigo disebabkan oleh gangguan pada organ keseimbangan yang ada di telinga, kekambuhan vertigo bisa muncul bersamaan dengan gangguan pendengaran. Gangguan tersebut di antaranya telinga berdenging, penurunan kemampuan mendengar, hingga yang terparah kehilangan pendengaran.

4. Stroke

Jika vertigo yang Anda alami sering kambuh hingga menyebabkan kelemahan di salah satu bagian tubuh atau kesulitan mengontrol gerakan, itu bisa menjadi tanda adanya gangguan pada sistem saraf. Misalnya saja stroke yang dapat menyebabkan kelumpuhan permanen hingga mengancam nyawa.

Demikian pembahasan mengenai vertigo, keluhan ini tidak bisa dianggap remeh, jika Anda telah mengalaminya sejak lama, segera periksakan diri ke dokter untuk mendapatkan penanganan yang tepat agar terhindar dari bahaya vertigo di atas.

Mobil Chery Omoda E5 yang Ditabrakkan ke Tembok Mal oleh Anak Kecil

Orangtua Anak yang Tabrakkan Mobil di Mall Jadi Konsumen Chery

PT Chery Sales Indonesia (CSI) buka suara terkait video viral di media sosial yang menunjukkan seorang anak kecil menabrakkan mobil listrik Omoda E5 ke tembok di mall.

img_title
VIVA.co.id
26 April 2024