3 Hal Dapat Menyebabkan Ketiak Hitam, Simak Cara Mengatasinya

Ketiak
Sumber :
  • Times of India

VIVA – Ketiak umumnya memiliki warna yang serupa dengan warna kulit di tubuh. Namun, tidak jarang seseorang memiliki kulit ketiak berwarna lebih gelap atau menghitam.

Atasi Ketiak Basah dan Bau Tak Sedap dengan 5 Tips Ini

Kondisi ini sering kali membuat seseorang menjadi kurang percaya diri, terutama ketika sedang mengenakan pakaian tanpa lengan.

Penyebab ketiak hitam

Ayu Ting Ting Jadi Sorotan Gara-gara Ketiak

Mengutip beberapa sumber, Kamis, 30 november 2023, banyak orang beranggapan ketiak menghitam diakibatkan karena kebiasaan menarik bulu ketiak. Padahal, penyebab ketiak menghitam dapat dipicu oleh beberapa hal lain. 

5 Cara Agar Ketiak Tidak Mudah Basah dan Bau, Bikin Percaya Diri Sepanjang Hari

1. Obesitas

Kulit ketiak hitam bisa disebabkan oleh infeksi bakteri Corynebacterium minutissimum. Bakteri ini biasanya tumbuh subur jika seseorang banyak berkeringat, tinggal di lingkungan yang lembab, kurang menjaga kebersihan tubuh, atau menderita masalah kesehatan tertentu, seperti diabetes dan obesitas.

2. Kehamilan

Pada beberapa kasus, kehamilan dapat memengaruhi perubahan warna kulit, termasuk ketiak menjadi lebih hitam. Hal ini dikarenakan perubahan hormon kehamilan yang dapat merangsang produksi melanin secara berlebihan. Umumnya, warna kulit akan kembali normal dengan sendirinya setelah masa kehamilan berakhir.

Tren bulu ketiak unicorn.

Photo :
  • Instagram @caitlinfordhair

3. Mencukur bulu ketiak

Salah satu penyebab kulit ketiak hitam yang paling umum adalah sering menghilangkan bulu ketiak dengan cara mencukur atau mencabut bulu ketiak. Hal tersebut dapat membuat kulit mudah mengalami iritasi dan memicu produksi melanosit, yaitu sel penghasil pigmen atau warna alami kulit (melanin), secara berlebihan.

Cara mencegah ketiak hitam

Jika kulit ketiak menghitam akibat faktor-faktor yang disebutkan di atas, beberapa cara alami berikut dapat membuatnya kembali cerah

1. Minyak kelapa

Cara mengatasi ketiak hitam berikutnya adalah menggunakan minyak kelapa. Bahan alami ini mengandung antioksidan yang memiliki manfaat untuk kesehatan dan kecantikan, termasuk mencerahkan dan melembabkan kulit.

Namun, minyak kelapa membutuhkan waktu lebih lama untuk mencerahkan kulit, sehingga Anda disarankan menggunakannya setiap hari. Oleskan minyak kelapa ke ketiak sembari memberikan pijatan lembut selama 10-15 menit.

Ilustrasi ketiak

Photo :
  • Pixabay

2. Minyak zaitun

Selain minyak kelapa, minyak zaitun juga bisa digunakan untuk mengatasi ketiak hitam. Minyak zaitun telah terkenal akan kandungan antioksidannya yang memberikan banyak manfaat untuk kulit.

Cara mencerahkan ketiak hitam menggunakan minyak zaitun dapat dilakukan dengan mengoleskan minyak zaitun pada kulit ketiak sambil memijatnya secara perlahan selama 10-15 menit, lalu bilas dengan air hangat.

Anda juga dapat memadukan penggunaan minyak zaitun dan eksfoliasi fisik dengan gula, lalu gosokkan pada ketiak setiap satu minggu sekali. Lakukan secara rutin hingga membuahkan hasil.

3. Lemon

Lemon merupakan pemutih alami yang dapat mencerahkan kulit, termasuk ketiak. Lemon juga memiliki kandungan antiseptik yang dapat membantu menghilangkan bau pada ketiak. Namun, hindari mengoleskan lemon secara langsung pada kulit ketiak.

Anda disarankan untuk mencampurkan lemon dengan madu, bubuk kunyit, atau plain yogurt untuk menghindari kulit ketiak menjadi kering akibat kandungan asam sitrat tinggi yang terdapat pada buah berwarna kuning tersebut.

Fuji

Fuji Pernah Insecure Lantaran Warna Kulit, Sampai Tak Mau Lakukan Hal Ini

Karena warna kulit ketiaknya itu, Fuji sempat tidak mau memakai tanktop dan mengangkat tangan.

img_title
VIVA.co.id
26 Maret 2024