Manfaat Allspice: Rempah Jamaika Serbaguna untuk Kesehatan

Tanaman Allspice
Sumber :
  • Pinkvilla

VIVA Lifestyle – Mirip dengan kebanyakan rempah-rempah eksotik, allspice telah menyebar ke seluruh dunia melalui pelayaran. Bahan manis dan pedas ini, pertama kali ditemukan di Jamaika, berasal dari Amerika Tengah dan Selatan, Meksiko, dan Hindia Barat.

Jamaika Akhirnya Akui Palestina Sebagai Negara, Peringatkan Israel Tarik Pasukan Militer

Juga dikenal sebagai lada Jamaika, pimienta, myrtle pepper, atau newspice, allspice adalah bahan rempah yang kaya secara budaya. Ada banyak manfaat dari allspice yang telah membuatnya mendapatkan pengakuan global untuk kuliner dan obat-obatan tradisional. Ia memiliki aroma dan rasa yang unik dari berbagai campuran rempah menjadi satu. Tanpa menunggu lama, mari kita bahas seluk beluk allspice dilansir dari laman Pinkvilla.

4 Rempah Bisa Lancarkan Plak di Pembuluh Darah Jantung, Zaidul Akbar: Tapi Ada yang Lebih Penting

Apa itu Allspice?

Pimenta dioica adalah pohon tropis Karibia dan buah beri kering dan mentah dari pohon ini dikenal sebagai allspice. Mengalir perpaduan berbagai rasa dan aroma seperti cengkeh, merica, kayu manis, dan pala, allspice adalah bumbu tunggal, yang digunakan selama berabad-abad untuk pengobatan, kuliner, dan masakan lainnya.

Terios 7 Wonders 2024: Menjejak di Pulau Rempah

Buah beri dari pohonnya diekstraksi saat masih hijau dan dikeringkan di bawah sinar matahari, yang kemudian menjadi allspice, menyerupai merica yang lebih besar (1). Dari penggunaan obat tradisional hingga bumbu masakan dan wewangian, allspice telah populer karena beragam kegunaan dan manfaatnya. Mari kita lihat nilai gizi dan manfaat kesehatannya. 

Nilai Gizi Allspice

  • Air: 8,46 gram
  • Energi: 263 kkal
  • Protein: 6,09 gram
  • Total Lipid: Lemak 8,69 g
  • Abu: 4,56 gram
  • Karbohidrat, selisihnya: 72,1 g
  • Serat, total makanan: 21,6 g
  • Kalsium: 661 mg
  • Besi: 7,06 mg
  • Magnesium: 135 mg
  • Fosfor: 113 mg
  • Kalium: 1040mg
  • Natrium: 77mg
  • Vitamin C: 39,2 mg
  • Asam lemak: 2,55 gram

Nilai gizi yang sangat tinggi dari allspice memberikan banyak manfaat dari allspice. Karena khasiat kesehatannya yang panjang, allspice telah digunakan dalam berbagai cara di berbagai belahan dunia selama berabad-abad. Bumbu berry juga sering digunakan sebagai pengobatan rumahan untuk mengatasi kondisi kesehatan tertentu. 

Bagian berikut membahas manfaat holistik dari rempah-rempah yang lezat ini dan beberapa kegunaan tradisional Jamaika. Baik dalam bentuk bubuk, sebagai ekstrak minyak esensial, atau secara keseluruhan, allspice digunakan sebagai bahan serbaguna. 

Allspice

Photo :

Manfaat Kesehatan Dan Kegunaan Allspice

Meredakan Sakit dan Nyeri

Salah satu kegunaan utama allspice berasal dari sifat pereda nyerinya. Mengandung eugenol yang merupakan bahan antiseptik dan anestesi. Khasiat ini menjadikan teh allspice dan minyak atsiri sebagai pilihan yang tepat untuk meredakan sakit kepala, kram menstruasi, dan nyeri atau ketegangan otot karena meningkatkan sirkulasi darah dan aliran darah yang lebih baik. Ini juga secara tradisional digunakan dalam kedokteran gigi sebagai anestesi lokal. Karena sifat antimikrobanya, disarankan untuk memasukkan allspice ke dalam rutinitas perawatan gigi Anda untuk kesehatan gusi dan gigi. 

Sifat Melawan Kanker

Penting untuk dicatat bahwa studi lebih lanjut diperlukan dalam bidang ini. Di antara daftar efek antikanker lainnya, allspice terbukti bermanfaat untuk kanker prostat, lambung, duodenum, dan usus besar. Ekstrak allspice membantu autophagy, yang merupakan mekanisme tubuh untuk memitigasi sel-sel yang rusak dan sel-sel kanker  ini sangat efektif untuk kanker payudara, menurut penelitian.

Sifat Antimikroba dan Anti-inflamasi

Kehadiran eugenol dalam allspice juga menunjukkan efek antimikroba dan antijamur, serta aktivitas antioksidan Allspice telah digunakan secara tradisional untuk mengobati penyakit menular karena sifat antimikrobanya, yang membuatnya relevan akhir-akhir ini. Sifat anti-inflamasi pada allspice juga menjadikannya sebagai bahan penyembuh luka yang manjur.

Membantu Gangguan Pencernaan

Mengonsumsi allspice juga dapat membantu mengatasi gejala gangguan pencernaan dan lemah metabolisme seperti gas dan kembung. Eugenol merangsang enzim pencernaan sekaligus menghambat bakteri yang dapat menyebabkan gangguan pencernaan. Beberapa masalah terkait perut lainnya yang dapat diatasi melalui allspice termasuk diare, sembelit, dan muntah. Pengelolaan berat badan adalah kegunaan lain dari allspice. Ini dapat mengaktifkan hormon tertentu yang bertanggung jawab untuk mengurangi nafsu makan dan membuat seseorang merasa kenyang.

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya