Jarang Disadari, Ini 5 Gejala Awal Kanker Paru-Paru yang Dialami Kiki Fatmala

Kiki Fatmala
Sumber :
  • IG @qq_fatmala

Jakarta – Kanker paru-paru adalah salah satu penyakit mematikan yang seringkali tidak menunjukkan gejala pada tahap awal, membuat deteksi dini menjadi krusial. Penyakit tersebut juga diderita oleh Kiki Fatmala hingga akhirnya komplikasi dan meninggal dunia

Kesehatan Makin Memburuk, Istana Buckingham Perbarui Rencana Pemakaman Raja Charles III

Mengenali gejala-gejala kanker paru-paru dapat membantu individu untuk mencari bantuan medis lebih awal dan meningkatkan peluang kesembuhan. Berikut adalah lima gejala utama penyakit kanker paru-paru yang perlu diwaspadai.

Batuk yang Berkepanjangan atau Kronis

Viral, Pria Gorontalo Temani Jenazah Ayah di Dalam Keranda untuk Terakhir Kali

Ilustrasi menutup batuk dengan siku

Photo :
  • times of india

Salah satu gejala awal kanker paru-paru adalah batuk yang tidak kunjung sembuh atau batuk yang mengalami perubahan karakteristik. Batuk yang berlangsung lebih dari dua minggu atau disertai dengan darah perlu dianggap serius dan memerlukan evaluasi medis.

40 Ribu NIK KTP Warga Jakarta yang Sudah Meninggal Dinonaktifkan

Sesak Nafas atau Kesulitan Bernapas

Sesak napas

Photo :
  • Times of India

Kesulitan bernapas atau sesak nafas yang tidak dapat dijelaskan oleh aktivitas fisik biasa dapat menjadi tanda penyakit paru-paru, termasuk kanker paru-paru. Penderita mungkin merasa kehabisan napas atau sulit bernapas.

Nyeri Dada atau Sakit di Area Paru-Paru

Ilustrasi paru-paru.

Photo :
  • Freepik/kjpargeter

Nyeri dada yang tidak dapat dijelaskan oleh cedera atau aktivitas fisik tertentu dapat menjadi gejala kanker paru-paru. Rasa sakit ini dapat bersifat tumpul atau tajam, dan mungkin terasa lebih intens saat batuk atau bernapas dalam.

Kehilangan Berat Badan yang Signifikan

Mengukur berat badan dengan lingkar pinggang

Photo :
  • Eat This

Kehilangan berat badan yang tidak diinginkan tanpa adanya perubahan dalam pola makan atau aktivitas fisik dapat menjadi tanda peringatan untuk masalah kesehatan, termasuk kanker paru-paru.

Infeksi Saluran Pernapasan yang Sering Kambuh

Teknik pernapasan lubang hidung

Photo :
  • Oprah.com

Jika seseorang mengalami infeksi saluran pernapasan berulang, seperti pneumonia atau bronkitis, terutama jika infeksi ini sulit sembuh atau kembali muncul, bisa menjadi pertanda adanya gangguan pada paru-paru, termasuk potensi kanker.

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya