Dampak Psoriasis Tak Main-main, Dokter Tekankan Pentingnya Pakai Sunscreen

Ilustrasi psoriasis
Sumber :
  • Freepik

BANDUNG – Psoriasis merupakan penyakit autoimun yang terjadi karena ada peradangan pada kulit. Peradangan kemudian menyebabkan kulit bersisik, menebal, terasa gatal, serta mudah terkelupas. 

Kasus Temuan Mayat Bayi Tanah Abang, Polisi Tangkap Orang Tua

Kondisi ini bisa terjadi pada siapa saja, bahkan bisa menyerang bayi yang umumnya disebabkan karena faktor genetik. Peradangan biasanya muncul pada kulit di bagian lulut, siku, punggung bawah, serta kulit kepala. Scroll untuk informasi selengkapnya.

Dermatologist, dr Panji Respati, S. SpD.V.E, menjelaskan, pasien dengan psioriasis memiliki kecenderungan untuk tidak percaya diri yang berujung pada depresi. 

Terpopuler: Sakit yang Diidap Parto sampai Syifa Hadju Pernah Diperingatkan oleh Raffi Ahmad

Oleh karena itu, dokter Panji menekankan pentingnya penggunaan sunscreen untuk menghindari efek buruk sinar matahari pada kulit seperti sunburn dan kemerahan.

5 Mitos Tentang Masturbasi, Benarkah Bisa Hilangkan Keperawanan?

“Di mana kedua hal tersebut justru dapat mencetuskan kelainan kulit psoriasisnya,” ungkap dokter Panji saat peringatan Hari Psoriasis Sedunia, yang digelar PT. Regenesis Indonesia.

Di Indonesia sendiri sudah ada Heliocare, sunscreen pertama di Indonesia yang terdaftar di BPOM dengan spektrum luas, yang dapat memberikan perlindungan terhadap sinar UVA dan UVB, di mana kedua sinar tersebut dapat merusak kulit. 

Dengan tingginya polusi di Indonesia, diperlukan juga sunscreen yang memiliki anti polutan. Heliocare ini dapat menjawab kebutuhan tersebut.

World Psoriasis Day
Hari Psoriasis Sedunia diperingati setiap 29 Oktober setiap tahunnya. Regenesis bekerja sama dengan Dermrunners, menyelenggarakan PSORIASI5km-RUN di Bandung. Acara ini tidak hanya diikuti oleh dokter kulit saja, tapi juga komunitas pelari yang ada di kota Kembang.

“Kegiatan kolaborasi ini cukup mendapat respons yang baik dan hangat dengan mengkombinasikan edukasi dan kegiatan olahraga. Dengan membawa tema olahraga lari 5 km, acara ini bertujuan untuk memberikan pengetahuan kepada masyarakat tentang adanya penyakit psoriasis itu sendiri,” papar Shandy Marketing Manager PT Regenesis.

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya