Bahas Manfaat Durian, Zaidul Akbar: Antioksidannya Tinggi, Tapi Ingat...

Buah Durian.
Sumber :
  • vstory

VIVA Lifestyle – Musim durian telah tiba, di mana banyak orang kini bisa menikmati buah dengan aroma yang khas itu dengan harga terjangkau. Ada berbagai jenis durian yang ditemui di pasaran, mulai dari durian musang king, durian bokor, durian petruk, hingga yang paling populer adalah durian montong. Masing-masing durian juga punya daya tarik tersendiri seperti tekstur daging buah yang halus dan rasanya yang manis.

7 Manfaat Luar Biasa Buah Pepaya untuk Kesehatan Tubuh, Bisa Jaga Kesehatan Kulit

Akan tetapi, menurut pendakwah sekaligus ahli kesehatan dr. Zaidul Akbar, mengonsumsi durian jangan hanya untuk menikmati rasanya tetapi juga pahami manfaat dan dampak yang dihasilkannya. Apa saja? Yuk, scroll untuk tahu lebih lanjut.

Seperti buah lainnya yang kaya nutrisi, mengonsumsi durian juga sangat bagus untuk kesehatan selama dimakan dalam jumlah yang wajar. Pasalnya, durian mengandung tinggi gula yang kurang baik bagi kesehatan jika dimakan dalam jumlah terlalu banyak.

5 Manfaat Rebusan Air Daun Salam, Bisa Bantu Kurangi Kadar Gula Darah

Zaidul Akbar

Photo :
  • Tangkapan Layar: Instagram

"Bagus, tapi ingat dia gulanya tinggi. Namun ada kelebihannya, melancarkan pencernaan dan kandungan protein serta antioksidan tinggi," katanya, mengutip YouTube, dr Zaidul Akbar Official, Kamis 11 Januari 2024.

Jarang Disadari, Ini 5 Manfaat Luar Biasa Daun Sirih untuk Kesehatan Tubuh

Buah durian diketahui mengandung kalsium, kalium, serta vitamin B1 dan B2 yang bisa menyuplai berbagai nutrisi penting bagi tubuh. Kandungan tersebut juga bermanfaat untuk menjaga kesehatan tulang dan gigi. Selain itu, buah durian juga mengandung vitamin C yang baik untuk kesehatan kulit dan meningkatkan daya tahan tubuh.

Untuk mendapatkan lebih banyak manfaat dan merasakan rasa manis aslinya, dr. Zaidul Akbar menganjurkan untuk makan buah yang langsung masak di pohon bukan buah yang matang karena bantuan karbit. Adapun rasa asli durian sebenarnya adalah manis dan pahit dengan tekstur daging buah yang lembut.

Bukan hanya daging buah yang bermanfaat bagi kesehatan, kulit durian juga bisa dimanfaatkan untuk menghilangkan bau durian itu sendiri dengan cara menggosokkan bagian tubuh yang terkena bau ke kulit bagian dalam yang berwarna putih.

Cara lainnya memanfaatkan kulit durian adalah dengan meletakkan air di bagian kulit dalam buah durian, kemudian diminum. Air yang bercampur dengan kulit bagian dalam durian itu berguna untuk menstabilkan perut berkat zat saponin yang dapat mengurangi rasa kembung.

"Jadi, Anda kalau makan durian bau tangan, setelah itu Anda gosok tangan ke situ, maka bau tangannya hilang. Udah gitu kalau Anda minum dari bagian putihnya durian, itu juga rasa begah hilang," jelasnya.

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya