Catat! 5 Kota Ini Sediakan Layanan Ambulans Gratis

ilustrasi ambulans.
Sumber :

BEKASI – Bagi masyarakat kurang mampu, membayar biaya ambulans jika ada anggota keluarga yang mengalami kondisi medis darurat, cukup menjadi beban. Padahal, fungsi ambulans sendiri sangat penting bagi pasien yang tengah mengalami kondisi gawat darurat, agar cepat sampai ke rumah sakit

Parto Patrio Terbaring Lemah di RS Usai Operasi, Istri: Patah Hati Aku

Meyakini bahwa setiap warga negara berhak memperoleh akses pelayanan kesehatan yang baik, Program Ambulance Siaga, secara konsisten terus memberikan pelayanannya. Program ini menyediakan ambulans gratis di lima kota sejak 2021, di antaranya Malang, Surabaya, Bekasi, Bandung, dan Medan. Yuk, scroll untuk informasi selengkapnya.

Program Ambulance Siaga sendiri memberikan pelayanan 24 jam sebagai sarana transportasi penjemputan pasien, yang dengan mudah bisa dihubungi oleh masyarakat.

Eko Patrio Ungkap Sakit yang Diidap Parto Hingga Harus Dioperasi

Gilang W. Pramana, founder J99 Corp. memercayai bahwa seluruh masyarakat memiliki hak yang sama untuk memperoleh akses pelayanan kesehatan yang berkualitas. 

Pemeriksaan Rutin, Raja Salman Sempat Dilarikan ke Rumah Sakit

"Oleh karena itu, kami berharap dengan adanya ambulans gratis yang disediakan melalui J99 Foundation dapat membantu seluruh masyarakat untuk bisa memperoleh pelayanan kesehatan yang baik. Mereka dapat memanfaatkan ambulans gratis kami tanpa dipungut biaya sepeser pun," ujar Gilang dalam keterangannya, dikutip Senin 29 Januari 2024. 

"Hal ini merupakan upaya kami untuk memberikan manfaat kepada seluruh masyarakat Indonesia sebagai bentuk tanggung jawab sosial dan ungkapan terima kasih atas dukungannya terhadap perkembangan dan kemajuan perusahaan hingga saat ini," sambungnya. 

Pelayanan kesehatan primer senantiasa menjadi fokus utama berbagai pihak untuk meningkatkan kualitas kesehatan masyarakat. Program Ambulance Siaga merupakan bagian dari penanganan kesehatan yang secara spesifik memberikan layanan transportasi penjemputan pasien ke RS, pengantaran pasien dari RS setelah tindakan medis, pengantaran korban kecelakan lalu lintas ke RS, juga sarana transportasi siaga bencana seperti evakuasi bersama petugas pemadam kebakaran dan evakuasi korban bencana alam. 

Selain itu, ambulans gratis ini juga seringkali dimanfaatkan sebagai sarana pelatihan Palang Merah Remaja (PMR) di sekolah, pelatihan antar Komunitas Ambulance di tiap kota, dan mendukung event atau kegiatan seperti MotoGP di Mandalika, event olahraga Pemkot/Pemda setempat, juga kerja sama dengan klinik dan rumah sakit. 

Ganesya W. Pradana selaku CEO J99 Corp. berharap bisa mengembangkan Program Ambulance Siaga ini di kota-kota yang lain. 

"Melihat besarnya manfaat keberadaan ambulans gratis ini, kami berharap program serupa dapat dikembangkan di berbagai kota lainnya di Indonesia. Semoga armada ambulans gratis kami terus bertambah dan di 2024 ini semakin banyak lagi masyarakat yang terbantu oleh layanan kami,” ungkap Ganesya.  

Bagi masyarakat yang membutuhkan bantuan ambulans gratis, dapat menghubungi nomor-nomor berikut:

Malang 0813-3612-2799
Surabaya 0813-3612-2899
Bekasi 0813-1500-0299
Bandung 0813-2330-2299
Medan 0821-6061-0099

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya