Pemilu 2024: PB IDI Beri Peringatan Penting!

Petugas KPPS meninggal dunia.
Sumber :
  • ANTARA FOTO/Risky Andrianto

JAKARTA  – Tanggal 14 Februari 2024 menjadi hari yang paling dinanti oleh seluruh masyarakat Indonesia. Bukan hanya merayakan hari kasih sayang atau Valentine, tetapi tahun ini bertepatan dengan Hari Pemilihan Umum (Pemilu) di mana semua masyarakat berhak memberikan suaranya untuk memilih para pemimpin negeri untuk 5 tahun ke depan.

Di Rakernas, PDIP Siapkan Langkah Strategis Pasca Pemilu 2024

Antusiasme yang tinggi sudah terlihat sejak masa kampanye, sehingga banyak orang yang tak sabar untuk datang ke Tempat Pemungutan Suara (TPS) untuk memberikan hak pilihnya.

Sementara itu, kesehatan pastinya menjadi hal yang paling utama untuk disiapkan agar bisa pergi ke TPS. Oleh sebab itu, Pengurus Besar Ikatan Dokter Indonesia (PB IDI) memberikan rekomendasi dan tips menjaga kesehatan untuk masyarakat sebelum pergi ke TPS.

Kesehatan Makin Memburuk, Istana Buckingham Perbarui Rencana Pemakaman Raja Charles III

"Selama kegiatan PEMILU 2024 berlangsung, kami menghimbau segenap jajaran IDI dan anggota, agar tetap menjaga netralitas dan memegang teguh Sumpah Dokter dalam memberikan bantuan pelayanan kesehatan," kata Ketua Umum PB IDI, DR Dr Moh. Adib Khumaidi, SpOT, dalam keterangannya.

5 Manfaat Luar Biasa Alpukat untuk Kesehatan Kulit Wajah, Bisa Cegah Penuaan Dini

Berikut ini adalah tips menjaga kesehatan dari PB IDI untuk masyarakat yang hendak pergi ke TPS.

  • Sudah mengonsumsi makanan atau sarapan sebelum menuju TPS
  • Kenakan pakaian dan alas kaki yang nyaman
  • Gunakan masker bagi lansia dan ibu hamil serta bagi masyarakat yang berada dalam kondisi kurang sehat atau memiliki gejala flu
  • Dianjurkan menggunakan hand sanitizer sebelum dan sesudah pencoblosan
  • Dianjurkan tidak membawa anak-anak di bawah umur agar tidak terlalu banyak orang dalam area yang terbatas
  • Segera kembali ke rumah dan tidak berdesakan di TPS agar sirkulasi udara area TPS tetap terjaga

Sehubungan dengan penyelenggaraan pemilu serentak di seluruh wilayah, Pengurus Besar Ikatan Dokter Indonesia (PB IDI) mengeluarkan imbauan bagi segenap IDI Wilayah dan IDI Cabang untuk mempersiapkan TIM SIAGA PEMILU 2024 untuk mengantisipasi hal-hal yang terkait masalah kesehatan dengan bekerja sama dengan Dinas Kesehatan setempat.

Bukan hanya untuk masyarakat yang pergi ke TPS untuk memberikan hak suara, PB IDI juga mengimbau para penanggungjawab TPS dan petugas KPPS di berbagai lokasi untuk siap siaga dan memperhatikan kondisi kesehatannya.

Berkaca pada pengalaman pemilu yang lalu, di mana banyak petugas KPPS dan TPS yang tumbang akibat kelelahan, kali ini PB IDI mengeluarkan imbauan untuk mengantisipasi terjadinya hal-hal yang tidak diinginkan itu.

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya