Sering Diabaikan, Ini 5 Manfaat Lakukan Scaling Gigi

Ilustrasi Scaling Gigi
Sumber :
  • freepik

JAKARTA – Scaling gigi merupakan prosedur pembersihan gigi yang bertujuan untuk mengangkat plak dan karang gigi yang menumpuk pada permukaan gigi dan di bawah garis gusi.

Ini Akibat Jarang Scaling Gigi yang Perlu Anda Ketahui!

Jika tidak dibersihkan, plak dan karang gigi dapat menyebabkan berbagai masalah kesehatan mulut dan gigi, di antaranya penyakit gusi, gigi berlubang, bau mulut dan mengurangi kepercayaan diri. Berikut beberapa manfaat melakukan scaling gigi. Yuk, scroll.

Menghilangkan Plak dan Karang Gigi
Plak dan karang gigi merupakan tempat berkumpulnya bakteri yang dapat menyebabkan berbagai masalah kesehatan mulut, seperti gigi berlubang, penyakit gusi, dan bau mulut. Scaling dapat membersihkan plak dan karang gigi secara menyeluruh, termasuk di area yang sulit dijangkau dengan sikat gigi dan benang gigi.

6 Tips Ampuh Mengatasi Bau Mulut saat Berpuasa

2. Mencegah dan Mengatasi Penyakit Gusi
Penyakit gusi adalah kondisi peradangan pada gusi yang dapat menyebabkan gusi berdarah, bengkak, dan bahkan lepas dari gigi. Scaling dapat membantu mencegah dan mengatasi penyakit gusi dengan menghilangkan plak dan karang gigi, yang merupakan penyebab utama penyakit gusi.

5 Tips Ampuh Cegah Bau Mulut Saat Puasa Ramadhan

3. Menjaga Kesehatan Gigi
Scaling dapat membantu menjaga kesehatan gigi dengan mencegah gigi berlubang dan kerusakan gigi lainnya. Dengan menghilangkan plak dan karang gigi, scaling dapat membantu menjaga enamel gigi dan mencegah gigi berlubang.

4. Menyegarkan Napas
Scaling dapat membantu menyegarkan napas dengan menghilangkan bakteri penyebab bau mulut. Bakteri ini seringkali terperangkap dalam plak dan karang gigi, sehingga scaling dapat membantu menghilangkan bau mulut dan membuat napas lebih segar.

5. Meningkatkan Kepercayaan Diri
Scaling dapat membantu meningkatkan kepercayaan diri dengan membuat gigi lebih putih dan bersih. Dengan menghilangkan plak dan karang gigi, scaling dapat membuat gigi terlihat lebih putih dan cerah, sehingga meningkatkan rasa percaya diri saat tersenyum.

Di sisi lain, Klinik Gratis OMDC Peduli Mampang, Jakarta, berbagi sembako gratis bagi masyarakat yang melakukan perawatan scaling gigi. Program ini digagas langsung oleh Founders OMDC Group, drg. Oktri Manessa dan Toto Syarief Hidayatulloh dan diselenggarakan pada 14-18 Maret 2024.

Menurut drg. Oktri Manessa, program OMDC Berbagi Sedekah Scaling Gigi dan Sembako Gratis ini bertujuan mengajak masyarakat untuk tetap menjaga dan memeriksakan kesehatan gigi dan mulut.

"Kegiatan OMDC berbagi sembako gratis bagi yang melakukan scaling gigi ini, sekaligus sebagai wujud kepedulian dan perhatian OMDC kepada masyarakat, agar dapat lebih fokus menjalankan ibadah dengan kesehatan yang prima, serta bisa menikmati berkah Ramadhan bersama keluarga,” tutur drg. Oktri dalam keterangannya, dikutip Selasa 9 April 2024. 

Diharapkan, dengan hadirnya program Ramadan di Klinik Gratis OMDC Peduli, kesehatan gigi dan mulut masyarakat dapat terjaga.

“Melalui OMDC Peduli, masyarakat dapat memperoleh layanan kesehatan gratis tanpa syarat. Bersama mitra dokter-dokter yang profesional dan berdedikasi, kami harap OMDC Peduli dapat berkontribusi secara masif terhadap peningkatan kualitas kesehatan masyarakat di seluruh Indonesia,” ujar Chief Executive Officer OMDC Group, Toto Syarief Hidayatulloh.

OMDC Peduli memberikan beragam fasilitas kesehatan gratis di antaranya konsultasi dan pemeriksaan oleh dokter umum, pemberian obat-obatan, konsultasi dan perawatan gigi, serta tindakan sunat menggunakan metode laser.  tambahkan background manfaat scalling untuk kesehatan mulut dan gigi.

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya