Angka Obesitas Meningkat, Peran Keluarga Penting untuk Sajikan Makanan Sehat di Rumah
- Freepik: Anastasia Kazakova
Bogor, VIVA – Berdasarkan Survei Kesehatan Indonesia (SKI) 2023 yang dilakukan oleh Kementerian Kesehatan, prevalensi kelebihan berat badan dan obesitas telah mencapai 37,8 persen.
Berbagai penyebab obesitas berasal dari pola makan, seperti asupan protein yang tidak mencukupi, konsumsi makanan manis yang tinggi, makanan instan, dan makanan cepat saji, terutama di daerah perkotaan, sehingga peran keluarga sangat penting dalam mendidik dan memberikan nutrisi seimbang di dalam rumah. Scroll untuk informasi selengkapnya!
Ahli Nutrisi Klinis dan Kedokteran Keluarga, Dr. Luigi Gratton, menekankan peran penting keluarga dalam membina kebiasaan sehat di rumah, didukung oleh penelitian terbaru tentang nutrisi keluarga.
"Membangun lingkungan keluarga yang mendukung pola makan sehat adalah kunci untuk meningkatkan kesehatan keluarga. Ini termasuk komunikasi yang baik, keterlibatan orangtua, dan kebiasaan makan keluarga yang konsisten,” ujar Dr. Luigi yang juga menjabat Vice President of the Office of Health and Wellness Chair, Herbalife Nutrition Advisory Board, dalam keterangannya, dikutip Jumat 14 Februari 2025.
Ilustrasi parenting/orangtua dan anak/anak makan.
- Freepik/freepik
“Dengan pendekatan terpadu, keluarga dapat menciptakan kebiasaan makan sehat yang bermanfaat tidak hanya bagi anak-anak, tetapi juga bagi semua anggota keluarga," sambungnya.
Kampanye Home Consumption juga diinisiasi untuk mempromosikan nutrisi seimbang dan gaya hidup yang lebih sehat di antara anggota keluarga.
Oktrianto Wahyu Jatmiko, Director & General Manager of Herbalife Indonesia, menyampaikan bahwa kampanye Home Consumption mencerminkan pemahaman bahwa fondasi masyarakat yang sehat dimulai dengan kebiasaan dan pilihan yang dikembangkan di dalam rumah.
“Kami menyadari peran keluarga, nutrisi, dan hidup aktif dalam mencapai tujuan pribadi dan kolektif. Dan bahwa kesuksesan sejati dimulai di mana cinta, dukungan, dan perhatian tumbuh dari rumah," kata Oktrianto.
Kampanye ini menampilkan serangkaian program seperti lokakarya nutrisi dan kebugaran, dukungan masyarakat melalui Nutrition Clubs, dan acara komunitas lainnya yang dirancang untuk menginspirasi hidup aktif dan sehat di seluruh Indonesia.
Menurut Oktrianto, kampanye ini dirancang untuk memenuhi prioritas kesehatan khusus dari berbagai anggota keluarga.
“Untuk ibu dan ayah, fokusnya adalah pada kesehatan umum, manajemen berat badan, kebugaran, dan kecantikan. Untuk orang dewasa yang sedang tumbuh, selain manajemen berat badan dan kebugaran, kami akan menekankan peningkatan fokus mereka. Terakhir, untuk kakek-nenek, prioritasnya adalah kesehatan sendi dan tulang, kesehatan otak kognitif, dan memperkuat kekebalan mereka,” paparnya.
Kampanye Home Consumption diluncurkan pada event Herbalife Spectacular, yang digelar 7 hingga 9 Februari 2025, di Sentul International Convention Center (SICC), Kabupaten Bogor, Jawa Barat.