Cek Bagian Tubuh Ini Setiap Hari

pemeriksaan mata
Sumber :

VIVAlife - Tubuh manusia memang hebat. Perubahan pada satu bagian tubuh saja sudah dapat mengisyaratkan adanya gangguan kesehatan di bagian yang lain.

Namun, seringkali kita terlewat memeriksa beberapa bagian tubuh karena menganggapnya sepele. Padahal, jika tanda gangguan kesehatan bisa dikenali lebih awal, penyakit yang lebih parah dapat dicegah.

Ketahui titik-titik yang tidak boleh luput diperiksa setiap harinya. Lalu, kenali sinyal gangguan kesehatan yang muncul dengan petunjuk berikut.

1. Kuku

Kuku yang sehat adalah kuku berwarna merah muda. Waspada jika menemui garis hitam, coklat, atau kuning pada kuku, karena itu bisa jadi gejala awal melanoma. Titik putih atau garis horizontal pucat pada kuku juga bukan merupakan pertanda bagus, sebab itu mengisyaratkan adanya gangguan ginjal.

2. Lipatan ketiak


Kulit ketiak yang terasa lebih tebal dan berwarna gelap bisa jadi merupakan pertanda diabetes. "Insulin berlebih dalam aliran darah dapat menyebabkan sel kulit cepat bermultiplikasi secara abnormal, sehingga terjadi peningkatan jaringan dan melanin," kata Michael Smith, kepala editor medis WebMD.

3. Kelopak mata, siku, lutut


Benjolan kecil berwarna putih seringkali dianggap jerawat biasa. Namun ternyata benjolan putih dan berminyak yang muncul di kelopak mata, siku dan lutut, bisa jadi tanda awal  kolesterol tinggi.

"Saat muncul, level kolesterol Anda sedang tinggi-tingginya. Segera lakukan sesuatu, karena kadar kolesterol tinggi merupakan faktor serius penyebab sakit jantung," Smith mengingatkan.

4. Lidah


Jika lidah terlihat seperti memiliki lapisan putih, kuning, atau oranye, bisa saja Anda memiliki gangguan pencernaan. Akibatnya, selain nafas jadi kurang sedap, Anda akan mengiler saat sedang tidur.

5. Mata


Kantong mata yang tidak juga lenyap merupakan pertanda Anda terlalu stres sehingga tubuh memproduksi terlalu banyak hormon kortisol. Sementara jika ada benjolan berwarna kuning di bagian bola mata, mungkin Anda mengalami pinguecula. Kondisi ini tidak berbahaya, dan biasanya terjadi karena mata tidak mendapat perlindungan dari paparan sinar matahari, angin, atau debu. (eh)

Jangan Sampai Terjerat Pinjol, Ini Tips Kelola Keuangan Lebih Cerdas
UOB Media Literacy Circle

Rendahnya Literasi Keuangan Picu Meningkatnya Korban Pinjol Ilegal

Tingkat Literasi keuangan yang rendah di Indonesia bagaikan bom waktu yang siap meledak. Hal ini terbukti dengan semakin maraknya kasus masyarakat yang terjerat pinjol

img_title
VIVA.co.id
25 April 2024