10 Pertanyaan Tanda Awal Diabetes (2)

Diabetes
Sumber :
  • istockphoto

VIVAlife - Kencing manis (diabetes mellitus) adalah kondisi di mana tubuh tidak dapat mengatur kandungan gula dalam darah sehingga glukosa atau gula yang biasanya diangkut menuju sel-sel tubuh sebagai sumber energi justru tercecer dalam aliran darah, bahkan ikut terbuang dalam air seni. Pengaturan gula darah oleh tubuh dilakukan dengan bantuan hormon insulin yang berasal dari pankreas.

Diabetes juga sering disebut silent killer karena memiliki gejala yang samar. Cara terbaik untuk memastikan semuanya adalah dengan melakukan tes gula darah, atau ajukan 10 pertanyaan ini pada diri Anda, seperti yang dilansir Health.india.com.

Suara Golkar di Pemilu 2024 Naik Signifikan, Airlangga: Hitungan Kami Dapat 102 Kursi

6. Apakah kaki dan jari-jari sering merasa kesemutan atau mati rasa?

Rasa kesemutan atau 'neuropatic diabetes' terjadi karena tingginya tingkat glukosa darah. Semakin tinggi tingkat glukosa, aktifitas saraf pun akan semakin terganggu.

7. Apakah Anda sering mengalami infeksi saat luka?


Infeksi, luka, dan memar yang tidak kunjung sembuh adalah tanda klasik diabetes. Hal ini disebabkan karena tingkat gizi yang berkurang dalam sel-sel tubuh menurunkan sistem kekebalan yang ada.

8. Apakah penglihatan Anda mulai terganggu?

Penglihatan mulai merasa kabur dipicu oleh tingginya glukosa darah. Bentuk dan fleksibelitas dari lensa mata akan mudah mengalami perubahan dalam kondisi ini. Inilah yang membuat mata sulit untuk fokus.

9. Apakah Anda memiliki luka yang tak kunjung sembuh?


Sistem kekebalan tubuh yang lemah, memicu kecendrungan timbulnya infeksi pada luka. Akibatnya, luka yang diderita oleh diabetes pun akan sulit untuk sembuh.

10. Apa Anda sering mengalami depresi atau rasa ingin marah akhir-akhir ini?

Orang yang memiliki kadar glukosa tinggi, umumnya akan merasa tidak enak badan. Sering terbangun di malam hari untuk buang air kecil,  membuat badan merasa lelah keesokan harinya. Selain itu, depresi dan marah juga dipicu dengan pasokan glukosa dan nutrisi yang menurun ke otak.

Anak selebgram Aghnia Punjabi dianiaya

Anak Selebgram Aghnia Punjabi Diduga Dianiaya Pengasuh, Badan Diduduki hingga Kepala Dibanting

Anak selebgram Aghnia Punjabi diduga dianiaya pengasuh. Wajah anaknya babak belur. Mata kiri lebam, bekas luka di daun telinga, dan bibir juga terluka.

img_title
VIVA.co.id
29 Maret 2024