Kenali Gejala dan Jenis Radang Selaput Otak

Fitting Baju Pernikahan Anang Ashanty
Sumber :
  • VIVAnews/ Muhamad Solihin

VIVAlife - Belum lama ini, terdengar kabar penyanyi Ashanty terserang penyakit radang selaput otak atau biasa disebut meningitis. Kenapa Ashanty tiba-tiba terserang penyakit itu? Penyakit yang terdengar cukup menyeramkan ini ternyata berasal dari bakteri yang menyerang selaput di sekeliling otak dan sumsum tulang belakang.

"Sebenarnya terdapat tiga jenis penyakit meningitis yang terbagi menurut penyebabnya, yakni meningitis viral yang disebabkan oleh virus, meningitis tuberkulosis yang disebabkan oleh kuman TBC, dan meningitis bakterialis yang disebabkan oleh bakteri," ujar Dokter Spesialis Saraf Anak, Irawan Mangunatmadja, dari RSCM saat dihubungi oleh VIVAlife.

Kasus Uang Tutup Mulut Donald Trump Seret Nama Karen McDougal, Siapa Dia?

Irawan juga mengatakan meningitis viral dan tuberkulosis biasanya diderita oleh anak-anak. Sedangkan meningitis bakerialis seringkali menyerang orang dewasa dengan sistem daya tahan tubuh yang lemah.

Menurutnya, virus dan bakteri meningitis tersebar melalui udara dan hidup di kerongkongan sang penderita. Kemungkinan penularannya antara lain dari batuk, bersin, berciuman, berbagi makanan dengan satu sendok, memakai sikat gigi bersama dan kontak-kontak lainnya.

"Gejala ketika jenis penyakit meningitis umumnya sama, yaitu muntah, sakit kepala hebat, leher nyeri dan kaku, sensitif terhadap cahaya serta kejang-kejang. Namun pada bayi disertai ubun-ubun yang masih terbuka tampak menonjol dan keras," ucap dokter FKUI tersebut.

Dibandingkan dengan meningitis yang disebabkan virus, meningitis yang disebabkan bakteri memang terbilang jarang terjadi. Namun, meningitis yang disebabkan bakteri berisiko sangat serius jika tidak cepat ditangani dengan baik, misalnya cacat, lumpuh, gangguan mental hingga kematian.

Kemungkinan yang Bakal Terjadi Kalau Indonesia tak Dijajah
Anthony Sinisuka Ginting melawan Viktor Axelsen di Thomas Cup

Sejarah Tercipta Thomas Cup dan Uber Cup, Sempat Tertunda Gegara Perang Dunia II

Thomas Cup dan Uber Cup merupakan salah satu kompetisi bulutangkis bergengsi di dunia dengan menggunakan sistem beregu putra dan putri.

img_title
VIVA.co.id
25 April 2024