Melihat Gejala Diabates dari Kesehatan Gigi

sikat gigi
Sumber :
  • istockphoto
VIVAlife
Cup Bra Terlalu Besar Picu Gangguan Kesehatan
- Anda mungkin sudah tahu bahwa diabetes dapat berpengaruh pada kerusakan mata, saraf, ginjal, jantung dan daya tahan tubuh pada infeksi penyakit sehingga proses penyembuhan berjalan lambat. Begitu juga dengan kesehatan mulut, diabetes yang kronis akan mempengaruhi kesehatan gusi, gigi dan rongga mulut.

Jurus Turunkan Berat Badan Pakai Protein

Saat seseorang mengalami gusi berdarah yang tak kunjung sembuh, ini bisa menjadi tanda awal diabetes. Namun, di saat orang yang terkena diabetes terserang sakit gigi atau gusi berdarah, ia akan mengalami nanah pada rongga mulut karena luka yang sulit untuk disembuhkan, seperti yang dilansir
Misteri 'Bak Mandi Tuhan' Berusia 7.000 Tahun
Health.india.com .


Berikut ini adalah masalah umum gangguan mulut yang berhubungan diabetes:


Peningkatan kerusakan gigi

Bakteri dalam mulut yang berinteraksi dengan pati dan gula pada makanan akan membentuk plak dalam gigi. Bagi penderita diabetes, tingkat gula darah yang meningkat akan berpengaruh pada tingkat kerusakan gigi yang tinggi. Pasalnya, semakin tinggi
plak
dalam gigi akan berujung pada pengeroposan gigi.


Penyakit gusi

Tubuh yang normal memiliki kekebalan untuk melawan bakteri yang dapat menyebabkan radang gusi dan pembusukan. Namun di saat seseorang menderita diabetes, sistem imun akan menurun dengan sendirinya. Inilah yang memicu peradangan gusi sulit sembuh dan timbul pembusukan.


Bakteri dalam
plak
menyebabkan gusi alami peradangan (bengkak dan merah), yang mengakibatkan pendarahan. Jika
plak
tidak dikeluarkan dengan cara sikat gigi, maka jaringan lunak dan tulang gigi akan hancur. Hal ini dapat menyebabkan gigi tanggal.


Mulut kering

Mulut kering adalah salah satu gejala diabetes yang mudah dideteksi. Hal ini diakibatkan oleh pengeringan selaput lendir karena tingkat gula yang tinggi. Kurangnya cairan dalam mulut melemahkan fungsi kelenjar lidah, sehingga menurunkan produksi air liur, Mulut kering juga dapat menyebabkan bisul, infeksi dan kerusakan gigi.


Infeksi jamur

Kadar gula yang tinggi dalam air liur mendorong pertumbuhan jamur
Candidia
, yang dapat menyebabkan infeksi. Penyakit biasanya disebut dengan
oral thrush
. Ditandai dengan bercak putih seperti dadih susu pada rongga mulut.


Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya