Jurus Jitu Turunkan Level Asam Urat

Nyeri Punggung
Sumber :
VIVAlife -
Cup Bra Terlalu Besar Picu Gangguan Kesehatan
Banyak yang menganggap gangguan asam urat hanya terjadi pada orang yang lanjut usia. Padahal gangguan ini juga melanda usia muda. Seringkali gejalanya muncul dan tidak disadari. Gejalanya antara lain nyeri di persendian, tubuh selalu terasa pegal dan sering kesemutan.

Jurus Turunkan Berat Badan Pakai Protein

Level asam urat pada tubuh jadi sangat tinggi ketika tubuh memproduksinya secara berlebihan dan tak dikeluarkan secara efisien. Asam urat merupakan produk 'limbah' dari proses metabolisme yang dihasilkan dari makanan.
Misteri 'Bak Mandi Tuhan' Berusia 7.000 Tahun


Jika kadar asam urat dalam tubuh tak dikontrol selain menimbulkan rasa nyeri, juga bisa memicu komplikasi. Untuk mengontrol kadar asam urat Anda, lakukan saja empat hal berikut.


1. Hindari konsumsi makanan kaya purin

Makanan tinggi purin, zat kimia yang menyebabkan produksi asam urat, banyak terdapat pada daging merah, kacang-kacangan, jamur dan kembang kol. Atur menu makanan Anda dan cari lauk yang tak mengandung purin tinggi. Kurangi juga penggunaan garam pada masakan.


2. Kurangi konsumsi makanan manis

penelitian menemukan, seseorang yang minum minuman bersoda kaya fruktosa lebih dari enam gelas tiap minggu, berisiko tinggi mengalami gangguan asam urat. Makanan dan minuman gula tinggi, seperti dilansir dari
Health Me Up
, dipercaya bisa meningkatkan risiko terkena asam urat.


3. Turunkan berat badan

Berat badan berlebih atau obesitas memiliki kaitan erat dengan tingginya level asam urat dalam darah. Cobalah untuk menurunkan berat badan demi mengurangi risiko gangguan asam urat.


4. Perbanyak minum air putih

Minum air putih sangat penting agar tubuh selalu terhidrasi dengan baik. Air juga mencairkan kadar asam urat dalam darah dan bertindak sebagai katalis untuk mengeluarkan produk limbah keluar dari ginjal ke kandung kemih.

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya