Kenapa Anak Baru Boleh Menyetir di Usia 17 Tahun

Ilustrasi menyetir
Sumber :
  • iStock

VIVAlife - Kecelakaan maut yang menyeret nama putra salah satu musisi ternama Indonesia beberapa hari lalu, telah menyita perhatian publik. Selain memakan korban tewas enam orang dan sembilan luka, bocah tersebut diketahui berusia di bawah umur dan tidak mengantongi Surat Izin Mengemudi (SIM).

Houthi: Arab Saudi Ingin Hapus Ayat Al Quran dari Buku Pelajaran untuk Menenangkan Tuntutan Zionis

Ia bukan satu-satunya pengendara mobil di Indonesia yang tercatat masih di bawah 17 tahun. Di jalan raya, kita bisa dengan mudah menjumpai anak di bawah umur mengendarai motor dan bahkan sudah diizinkan menyetir mobil. Padahal Undang-undang (UU) sudah mengatur dengan jelas bahwa pengemudi mobil haruslah mereka yang sudah berusia 17 tahun.

Menurut psikolog Efnie Indrianie ada beberapa hal mengapa anak baru boleh mengemudi ketika mencapai usia 17 tahun. Salah satunya: otak kanan manusia baru bisa berfungsi baik pada umur tersebut.

Mantan Anak Buah Sebut SYL juga Pakai uang di Kementan untuk Kondangan dan Beri Kado Emas

"Inti utama fungsi otak kanan sebagai pusat kontrol diri. Di usia tersebut, kepekaan dan kepedulian anak akan sesuatu hal semakin besar," ujar Efnie saat dihubungi VIVAlife, Selasa, 10 September 2013.

Lebih lanjut Efnie menjelaskan, otak kanan juga berfungsi sebagai analisa dan prediksi. Pengendara mobil yang sudah berusia 17 tahun diharapkan mampu memprediksi jarak antara satu mobil dengan yang lainnya.

Selain itu, di usia tersebut, seseorang juga mampu memprediksi apa yang akan terjadi ketika mengemudi kendaraan dalam kecepatan tinggi. "Emosional dapat dikontrol baik," katanya.

Cekcok dengan Istri, Seorang Pria di Surabaya Banting Bayinya yang Berusia 6 Hari
Kapten Timnas Indonesia U-23, Rizky Ridho

Kapten Timnas U-23 Rizky Ridho Ternyata Anak Vespa, Tunggangi Primavera

Keberhasilan Timnas Indonesia lolos ke babak perempat final Piala Asia U-23, tak lepas dari sosok Rizky Ridho yang jadi pemimpin di lapangan. Ternyata, seorang anak Vespa

img_title
VIVA.co.id
23 April 2024