Musik Pop Bantu Penderita Cedera Otak Mengingat Kenangan

Ilustrasi Musik
Sumber :
  • Not Balok
VIVAlife
Berawal dari Hobi Pakai Brand Mewah, Selebgram Berusia 70 Tahun Ini Debut di Paris Fashion Week
- Anda memiliki masalah dengan seseorang yang mengalami cedera otak berat dan kehilangan memori indah bersama Anda? Jangan buru-buru sedih dan frustasi.

Terinspirasi Langkah Indonesia, Amerika Serikat Suarakan Penundaan dan Perubahan Kebijakan EUDR

Sebuah studi baru menunjukkan bahwa mendengarkan musik pop dapat membantu pasien dengan cedera otak parah mengingat kenangan pribadi mereka.
Kehadiran Anies dan Muhaimin di KPU Tunjukkan Kedewasaan Politik meski Pahit, Menurut Pengamat


Para peneliti menemukan bahwa pasien yang mengalami cedera otak mampu mengingat jumlah kenangan yang sama saat sebuah lagu popular dimainkan seperti halnya orang tanpa cedera otak. Sebagian besar yang dapat diingat adalah ingatan positif bersama seseorang.


Penelitian ini dilakukan oleh Dr Amee Baird dan Dr Séverine Samson. Mereka adalah orang yang pertama menyelidiki kekuatan musik dalam membangkitkan kenangan pada orang dengan cedera otak, bukan pada orang yang sehat atau yang memiliki demensia.


Dikutip laman
Daily Mail,
Penelitian yang diterbitkan dalam jurnal Neuropsikologi Rehabilitasi tersebut dilakukan dengan membandingkan ingatan yang muncul terhadap orang yang mengalami cedera otak dan yang tidak.


Dr Baird dan Dr Samson menyimpulkan bahwa musik merupakan stimulus yang efektif untuk memunculkan kenangan otobiografi dan mungkin bermanfaat dalam rehabilitasi amnesia otobiografi. Keduanya berharap penemuan ini akan mendorong orang lain untuk meneliti lebih jauh. (ren)

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya