KONSULTASI: Wajah Merah dan Gatal, Apa Penyebabnya

Ilustrasi alergi.
Sumber :

VIVAlife - Mengidentifikasi alergen adalah langkah paling penting dalam mengobati alergi. Seperti dikatakan dr. Margareta Amelia, ini akan membantu seseorang menghindari paparan alergen tersebut. Simak selengkapnya dalam tanya jawab dr. Margareta dengan pembaca VIVAlife berikut ini.

Tanya:

Dok, saya itu punya alergi dengan seafood dan biasanya kalau saya alergi itu di badan merah dan terasa gatal. Tapi sudah hampir 2 bulan ini, alergi saya tidak hanya dengan seafood saja. Merambah kemakanan yang lainnya seperti telur, ayam, mie instan dan kecap.

Anehnya setiap alergi terjadi hanya wajah saya saja yang merah dan terasa gatal. Saya sudah mencoba periksa ke dokter, tapi setelah obatnya habis muka saya merah dan gatal lagi. Padahal saya juga sudah menghindari pemicu alergi. Lantas, bagaimana caranya untuk mengatasi alergi saya ini dok?

Anonim

Jawab:

Kondisi yang anda alami ini menunjukan gejala-gejala dermatitis alergi atau dikenal dengan eksim. Eksim seringkali menjadikan penderitanya cukup terganggu karena gejalanya.

Gejala dari dermatitis alergi ini adalah ruam kulit, gatal-gatal, bersisik dan bahkan sampai rasa terbakar. Pada wajah dapat menyebabkan bengkak, merah, dan kulit melepuh. Dermatitis ini dapat berupa tanda-tanda kemerahan ringan sampai kulit yang pecah-pecah ekstrem dan lecet.

Dermatitis alergi dapat langsung terjadi sesaat setelah kontak langsung dengan alergen ataupun setelah 48 sampai 72 jam kemudian baru terjadi reaksi yang dapat terlihat pada kulit. Reaksi yang tertunda seperti inilah yang membuat lebih sulit untuk mendiagnosa alergen tertentu yang menyebabkan eksim.

Itulah sebabnya kenapa dokter akan menggunakan pengujian untuk mengidentifikasi alergen. Dalam pengujian, strip dosis rendah alergen akan dilekatkan pada kulit penderita selama setidaknya dua hari. Jika reaksi terjadi berupa bercak merah dan radang, maka ini dapat dianggap salah satu penyebab alergi Anda.

Mengidentifikasi alergen Anda adalah langkah yang paling penting dalam mengobati alergi Anda. Ini akan membantu Anda menghindari paparan alergen tersebut, mengontrol kondisi Anda, dan benar-benar mencegah penyakit tersebut kambuh. Semakin cepat Anda mendiagnosa alergen Anda maka semakin cepat pula Anda dapat berhenti menderita eksim.

Jika kulit terasa terbakar karena penyakit ini, lakukanlah pengompresan dengan air dingin pada bagian kulit yang terasa terbakar beberapa kali sehari sampai kulit mulus kembali. Jika gejala dermatitis alergi tidak hilang atau semakin menyebar, sangat penting untuk mencari nasihat medis untuk pengobatan dermatitis alergi lebih lanjut.


Margareta Amelia

Banyak yang Mudik H-4, Menhub Minta Maskapai Berikan Promo di H-10

dr. Margareta Amelia


Meetdoctor




Anda memiliki masalah dan pertanyaan seputar kesehatan? Kirim pertanyaan Anda ke konsultasi@viva.co.id

Masalah anda akan dijawab oleh para dokter ahli. Pertanyaan yang dikirim sebaiknya ditulis dengan bahasa yang jelas, ringkas, dan sopan. Tim redaksi akan menyortir terlebih dahulu pertanyaan yang masuk. Pertanyaan pembaca yang dijawab, akan ditampilkan melalui artikel di VIVAlife. (adi)

[dok. Direktorat Jenderal Perhubungan Darat Kemenhub]

Awas Kehabisan! Pendaftaran Mudik Gratis Moda Bus Kembali Dibuka, Kuota 10.000 Orang

Kementerian Perhubungan melalui Direktorat Jenderal Perhubungan Darat kembali membuka pendaftaran mudik gratis moda bus sebanyak 10 ribu orang.

img_title
VIVA.co.id
29 Maret 2024