Ketahui, Makanan Terbaik Bagi Pria

Ilustrasi tomat
Sumber :
  • iStock

VIVAlife - Pria, Anda tentu sudah paham dengan istilah antioksidan, senyawa yang bisa membantu mengurangi efek buruk radikal bebas dalam tubuh. Antioksidan ini terdapat dalam makanan yang kita konsumsi sehari-hari, terutama buah dan sayuran berwarna. Namun tahukah Anda terdapat perbedaan efektivitas konsumsi jenis sayur dan buah tertentu antara pria dan wanita. 

Menyelami Dampak Negatif FOMO pada Pengguna Media Sosial

Dilansir dari laman Boldsky, beberapa buah dan sayur di bawah ini ternyata lebih efektif menangkal radikal bebas pada pria jika dikonsumsi secara teratur.

Beri Selamat ke Prabowo-Gibran, Perindo Sampaikan 4 Sikap

Tomat

Tomat mengandung antioksidan bernama likopen yang berfungsi mengurangi resiko kanker dan stroke. Di sisi lain, hasil penelitian menunjukkan bahwa pria dengan kadar likopen dalam tubuh lebih tinggi mengalami resiko serangan jantung 50% lebih rendah. Adapun kadar likopen tomat jauh lebih tinggi setelah dimasak. Jadi ganti saus cabai Anda dengan saus tomat untuk hidup yang lebih sehat.

Peringati Hari Kartini, Peran Perempuan dalam Industri 4.0 Jadi Sorotan di Hannover Messe 2024

Buah berry

buah-buahan berakhiran berry, seperti stroberi atau blueberi memiliki kandungan antosianin yang tinggi. Fungsinya membantu memperkuat kerja jantung serta punya manfaat antikanker serta bisa mencegah terjadinya arterosklerosis, penyakit penyumbatan pembuluh darah yang kerap menyerang kaum adam.

Bawang putih

Disebut-sebut sebagai superfood, bawang putih adalah tumbuhan dengan kandungan vitamin dan mineral paling lengkap. Dalam satu siung bawang putih terdapat vitamin A, B, dan C. Sementara kandungan mineralnya terdiri dari selenium, iodin, potasium, zat besi, kalsium, zinc dan magnesium. 

Paprika

Jangan singkirkan paprika dalam salad Anda karena bumbu masak ini punya kandungan vitamin C dosis tinggi. Pada pria, vitamin C penting adanya untuk menjaga imunitas tubuh serta memperbaiki fungsi otak. Disamping itu, vitamin C juga membantu metabolisme kolesterol menjadi asam empedu yang bisa mengurangi resiko penyakit kardiovaskuler. 

Melon

Perbanyaklah mengonsumsi melon. Kandungan antioksidan bernama betakaroten dan zeaxhantin di dalamnya bisa membantu menyerap lemak berlebih dalam tubuh. Selain itu, betakaroten juga kaya vitamin A yang membantu mempertahankan kesehatan mata dan kulit.

Bayam

Tidak ada salahnya mengikuti tips sehat dari Popeye, karena daun bayam mengandung lutein dalam jumlah banyak. Lutein merupakan antioksidan yang melindungi kesehatan mata, terutama mencegah terjadinya katarak dan kemunduran penglihatan karena usia. (sj)

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya