Mahasiswa Bisnis Jadi Pemenang Health Agent Award

Mahasiswa Bisnis jadi Pemenang Health Agent Award
Mahasiswa Bisnis jadi Pemenang Health Agent Award
Sumber :

VIVAlife – Dalam rangka rangkaian ulang tahun Nutrifood ke-35 yang jatuh pada 2 Februari 2014, Nutrifood menggelar acara pengumuman pemenang Health Agent Award. 

Sepuluh tim mahasiswa terpilih dari berbagai universitas yang terdiri atas 3 orang, telah melaksanakan proyek-proyek inspiratifnya di 10 Sekolah Dasar (SD) rekomendasi dari Kelas Inspirasi, Indonesia Mengajar. Sebelumnya mereka juga telah mendapatkan pembekalan saat gathering yang berlangsung pada 23 Desember 2013 di kantor Nutrifood.

Setelah melewati proses penjurian saat event kick-off di sekolah masing-masing, serta presentasi hasil program di hadapan para juri, terpilihlah tim Prasetya Mulya Health Agent bersama dengan SDN Ciputat VI sebagai Pemenang Pertama Health Agent Award.

Kemudian disusul pemenang kedua adalah tim WARRIOR dari Institut Pertanian Bogor bersama dengan SDN Palmerah 07 Pagi, dan tim Pelangi Nutrisi dari Universitas Indonesia bersama dengan SDN Tugu Utara 07 sebagai pemenang ketiga.

“Sebelumnya kami berterima kasih kepada Pusat Promosi Kementerian Kesehatan serta serta Direktorat Surveillence dan Penyuluhan Keamanan Pangan Badan Pengawas Obat dan Makanan yang telah mendukung seluruh rangkaian acara Health Agent Award selama empat tahun berturut-turut. Tahun ini, seluruh tim finalis mahasiswa telah membuat proyek yang inovatif dan inspiratif,” ujar Arninta Puspitasari, Public Relations Associate Manager.

Pemenang Health Agent Award ini dipilih berdasarkan beberapa kriteria, yaitu kreativitas proyek, tingkat kolaborasi antara tim mahasiswa dan pihak sekolah, bagaimana proyek dapat menginspirasi gaya hidup sehat, serta konten edukasi yang tepat sasaran.

”Uniknya dari program ini, hadiah tidak hanya diberikan kepada tim pemenang saja, tetapi juga kepada SD-nya dalam bentuk pembangunan fasilitas pendukung gaya hidup sehat dan bersih seperti UKS, kantin atau tempat cuci tangan.

Selain itu, Proyek-proyek kesehatan yang telah dijalankan juga kami dokumentasikan dalam sebuah video yang dapat disaksikan di akun YouTube Nutrifood agar dapat menjadi referensi atau contoh yang mampu diduplikasi oleh masyarakat luas,“ tambah Arninta.

Melalui program ini, Nutrifood meyakini bahwa para Health Agent dapat menjadi agents of change untuk Indonesia yang lebih sehat, hal ini sejalan dengan misi Nutrifood yaitu inspiring a nutritious life.

Selain itu, Nutrifood juga berharap pada 10 sekolah yang menjadi target Health Agent tahun ini, dapat terus menerapkan gaya hidup sehat di lingkungan sekolahnya, dan mampu juga menjadi inspirasi bagi SD lainnya bahwa untuk membentuk gaya hidup sehat di lingkungan sekolah dapat dilaksanakan dengan cara yang sederhana dan mudah.

Program Health Agent Award berusaha menjangkau seluruh elemen di sekolah dasar, oleh karena itu terdapat pula kategori lain pada program ini yaitu kategori pedagang sehat. Seluruh pedagang kantin di 10 Sekolah Dasar mendapatkan edukasi langsung dari tim BPOM mengenai keamanan pangan. Sebagai apresiasi bagi para pedagang yang berhasil melakukan perubahan pada dagangannya, dipilih 3 pemenang terbaik berdasarkan nilai pre dan post audit.

Pada akhirnya, Nutrifood berharap program Health Agent Award dapat terus dilaksanakan pada tahun mendatang serta dapat mendukung implementasi perubahan gaya hidup sehat secara menyeluruh di lingkungan sekolah, dengan munculnya kesadaran dari setiap pihak, baik guru, murid, maupun pedagang kantin. (Webtorial)