KONSULTASI: Insomnia dan Cara Pengobatannya

susah tidur
Sumber :
  • iStock

VIVAlife - Banyak orang urban yang sulit tidur di malam hari. Penyebabnya bisa bermacam-macam, bisa karena tekanan di kantor atau masalah pribadi yang tak kunjung usai. Akibatnya mereka menjadi makhluk-makhluk malam, yang menanti fajar datang baru bisa memejamkan mata.

Sopir Bus yang Ajak Makan 30 Penumpang di Rumah Mertuanya saat Lebaran dapat Rp100 Juta

Sebenarnya, apa solusi dari masalah ini? Simak konsultasi pembaca viva.co.id bersama dokter Rahajeng dari Meetdoctor.

Tanya:

Dok, bagaimana cara mengatasi insomnia yang berlebihan? Semakin hari saya semakin susah terlelap, walaupun pulang kerja badan sudah lelah, tapi saat mata dipejamkan saya tetap susah tidur. Padahal tidak ada masalah keluarga atau kantor yang mengganggu pikiran, bagaimana solusinya ya? Umur saya 26 tahun.

Terima kasih,
Vito

Jawab:

Halo Vito, sebelumnya saya mau tanya. Apakah Anda sering mengkonsumsi minuman yang mengandung cafeine, seperti kopi? Apakah Anda nyaman dengan tempat tidur saat ini?  Sebab referensi medis menyatakan, bahwa insomnia itu dapat disebabkan oleh banyak hal, di antaranya:

    Depresi
    Kurang olahraga teratur
    Kebiasaan tidur buruk
    Stres
    Perubahan kebiasaan tidur atau lingkungan
    Stimulan (minuman berkafein)
    Masalah kesehatan lain.

Beberapa orang mungkin perlu obat sementara untuk membantu mereka tertidur. Dokter sering membuatkan resep obat untuk waktu singkat jika pengobatan lain tidak bekerja. Tetapi pemberian obat, terkadang tidak bekerja baik dari waktu ke waktu sebagai perubahan gaya hidup dan perilaku.

Pengobatan terbaik sebagai solusi jangka pendek bisa dikombinasikan dengan perubahan gaya hidup dan perilaku. Biasanya, dokter akan menyarankan konseling, yang dapat membantu Anda memelajari kebiasaan baru yang dapat membantu tidur lebih baik.
   
O ya, disarankan tidur dengan kondisi lampu yang mati supaya tidur cepat lelap. Terkadang, tubuh yang terlalu lelah merupakan stres bagi tubuh, sehingga dapat menyebabkan sulit tidur. Saran saya, baiknya Vito segera menemui dokter untuk berkonsultasi sehingga bisa mendapat resep sesuai bila perlu.
   
Salam,
dr. Rahajeng AP



Anda memiliki masalah dan pertanyaan seputar kesehatan? Kirim pertanyaan Anda ke konsultasi@viva.co.id.

Masalah Anda akan dijawab oleh dokter ahli. Pertanyaan yang dikirim sebaiknya ditulis dengan bahasa jelas, ringkas, dan sopan. Tim redaksi akan menyortir terlebih dahulu pertanyaan yang masuk. Pertanyaan pembaca yang dijawab, akan ditampilkan melalui artikel di VIVAlife.

Ada Apa di Kota Isfahan Iran yang Baru Saja Diserang Israel?
Ilustrasi/Korban pembunuhan

Ada Luka di Dada hingga Leher pada Wanita yang Ditemukan Tewas di Dermaga Pulau Pari

Luka di leher waniita tersebut kemungkinan besar lantaran cekikan.

img_title
VIVA.co.id
19 April 2024