KONSULTASI: Cara Efektif Cegah Masalah Kulit Wajah

jerawat wajah
Sumber :
  • istockphoto

VIVAlife - Apa jadinya bila mendadak kulit wajah kita yang mulus mengelupas? Tidak hanya itu, muncul titik noda yang dalam waktu singkat membuat wajah berbeda dari yang sebelumnya.

Pagi Ini, KPU Tetapkan Prabowo-Gibran sebagai Presiden dan Wapres Terpilih

Jika Anda seorang wanita, biasanya akan langsung panik menghadapi kondisi ini. Padahal sebenarnya ada cara-cara tertentu yang dapat dilakukan, untuk membuat kondisi ini dihindari. Coba simak konsultasi pembaca VIVA.co.id ini, dengan ahli medis dari Meetdoctor.

Tanya:

Dok, kenapa ya wajah saya kok menjadi berbintik merah? Saya merasa, komedo di wajah jadi keluar semua, malah kini seperti beruntusan. Bukan hanya itu, pada bagian hidung dan jidat juga berganti kulit. Saya bingung, harus bagaimana agar wajah kembali normal seperti semula. Mohon solusi karena saya sudah sebulan merasakan hal ini. Terima kasih.

Salam,
Lala

Jawab:

Salam sehat untuk Lala. Setiap pasien biasanya membutuhkan perawatan tersendiri sesuai dengan jenis keluhannya, ada baiknya Lala menghubungi dokter terdekat agar masalah Anda, dapat ditangani dengan lebih spesifik. Namun berikut, kami berikan tips untuk menangani masalah kulit agar di masa depan hal yang sama tidak terulang.

Bersihkan area kulit yang memiliki kencenderungan jerawat akan timbul, dua kali sehari. Membersihkan kulit akan menghilangkan kelebihan minyak dan sel kulit mati. Gunakan produk perawatan kulit berbahan dasar air, dan bebas kandungan minyak.

Gunakan krim atau gel penghilang jerawat, untuk membantu kulit tetap kering, dan aman dari minyak berlebih. Baiknya gunakan produk yang mengandung benzoyl peroxide atau salicylic acid.

Hindari alas bedak atau make-up tebal. Gunakan kosmetik krim sebagai alas sebelum kosmetik bubuk dipakai. O ya, bersihkan make-up sebelum tidur ya. Tidur dengan kosmetik yang masih menempel, dapat menyumbat pori-pori kulit. Pastikan juga Anda tidak menggunakan kosmetik yang sudah lama.

Bersihkan peralatan kosmetik secara berkala dengan air sabun, ini penting guna mencegah datangnya bakteri. Hindari pula penggunaan pakaian yang terlalu ketat. Pakaian yang ketat dapat menyimpan panas dan uap air, dan dapat menyebabkan iritasi kulit.

Mooryati Soedibyo, Pendiri Mustika Ratu Meninggal Dunia

Hindari tali atau karet, tas punggung, helm, atau peralatan olahraga lain yang ketat, untuk mencegah tekanan pada kulit.  Mandilah setelah berolahraga, atau aktivitas lain yang mengeluarkan banyak keringat. Pertemuan  minyak dan keringat pada kulit dapat menyebabkan kotoran dan bakteri.



Anda memiliki masalah dan pertanyaan seputar kesehatan? Kirim pertanyaan Anda ke konsultasi@viva.co.id.

Masalah Anda akan dijawab oleh dokter ahli. Pertanyaan yang dikirim sebaiknya ditulis dengan bahasa jelas, ringkas, dan sopan. Tim redaksi akan menyortir terlebih dahulu pertanyaan yang masuk. Pertanyaan pembaca yang dijawab, akan ditampilkan melalui artikel di VIVAlife.

Presiden Iran, Ebrahim Raisi (tengah).

Masih Hangat, Presiden Iran Bujuk Pakistan Gabung Aliansi Anti-Israel

Presiden Iran, Ebrahim Raisi, tiba di Islamabad pada hari Senin, 22 April 2024 untuk kunjungan resmi selama tiga hari. Iran dan Pakistan sedang berupaya baiki hubungan

img_title
VIVA.co.id
24 April 2024