KONSULTASI: Rasa Cemas Jika Haid Tidak Lancar

Nyeri haid atau menstruasi edit
Sumber :
  • iStockphoto
VIVAlife –
Terungkap Motif Suami Bunuh Istri Lalu Timbun Jasad Korban Dalam Rumah di Makassar
Bagi seorang wanita, datang bulan atau haid adalah sesuatu yang penting. Namun bagaimana jika kedatangan `tamu` sebulan sekali ini tidak lancar? Pastinya bisa membuat Anda was-was. Seorang pembaca VIVAlife mempertanyakan hal yang sama kepada para ahli medis dari
Meetdoctor,
Wanita Lansia di Jaksel Ngaku Diperkosa Handphone, Polisi Duga Halusinasi
dan kali ini giliran dokter Rahajeng yang akan menjawab. Simak konsultasi antara pasien dan dokternya ini.   
One Way Arus Balik Tol Kalikangkung, Pemudik Diimbau Kooperatif Ikuti Arahan Petugas
 
Tanya:


Dokter yang baik, nama saya Wiwin Indriyanti, saya berusia 20 tahun. Sudah setahun ini haid saya tidak lancar. Bahkan saya sempat lima bulan tidak dapat haid, meski setelah itu bisa haid lagi. Namun beberapa bulan kemudian macet haid lagi. Saya sempat jadi tidak percaya diri. Mohon penjelasan mengapa hal ini bisa terjadi?


Mohon bantuannya,

Terima kasih.


Jawab:


Halo Wiwin, sebelumnya saya mau bertanya. Apakah Anda sempat mengonsumsi obat-obatan tertentu dalam jangka waktu lama? Apakah juga haid yang datang disertai nyeri?


Biasanya, menstruasi dipengaruhi oleh sistem hormonal. Nah sistem hormonal ini sangat dipengaruhi stres tubuh akibat kelelahan, sakit, bahkan stres pikiran. Contohnya adalah stres menjelang ujian, stres pada pekerjaan, atau juga studi. Sehingga gejala yang muncul, bisa berupa mens datang terlambat atau bisa juga datang lebih cepat. Hal tersebut tergantung respons setiap individu. Karena masing masing individu memiliki sistem hormonal yang berbeda.


Saya sarankan agar Anda bertemu dokter spesialis obstetri dan gynekologi, untuk diperiksa dan berkonsultasi secara lebih lanjut. Karena memang tidak baik jika haid datang secara on-off begitu. Saya yakin dokter spesialis yang berkompetensi dapat menjawab permasalahan Anda.


Semoga bermanfaat,

dr. Rahajeng AP



Anda memiliki masalah dan pertanyaan seputar kesehatan? Kirim pertanyaan Anda ke konsultasi@viva.co.id.


Masalah Anda akan dijawab oleh dokter ahli. Pertanyaan yang dikirim sebaiknya ditulis dengan bahasa jelas, ringkas, dan sopan. Tim redaksi akan menyortir terlebih dahulu pertanyaan yang masuk. Pertanyaan pembaca yang dijawab, akan ditampilkan melalui artikel di VIVAlife.

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya