Jangan Sepelekan Masalah Hidung Tersumbat!

Ilustrasi wanita flu
Sumber :
  • iStock

VIVAlife - Memasuki musim pancaroba, risiko mengalami gangguan kesehatan akan semakin besar. Salah satunya ialah gangguan pada organ nasal, seperti pilek, batuk, dan hidung tersumbat. Dari semua gangguan hidung yang sering terjadi, satu gangguan yang seringkali diremehkan ialah hidung tersumbat.

Hidung tersumbat adalah gangguan hidung yang paling sering terjadi, tapi justru paling diremehkan oleh kebanyakan orang. Namun, hal yang tak banyak diketahui ialah bahwa gejala hidung tersumbat bisa menjadi indikator dari penyakit-penyakit nasal seperti rhinitis, sinusitis, dan asma.

Gejala hidung tersumbat dapat disebabkan oleh beberapa indikator seperti penebalan konha (lapisan bagian dalam hidung), pengeringan rongga hidung, masuknya bakteri dan jamur dari luar, hingga gangguan pada organ nasal.

"Menyepelekan hidung tersumbat adalah kesalahan fatal, karena konha yang membengkak bisa memicu risiko yang lebih parah pada organ nasal, yang bisa menyebabkan alergi seperti asma," kata Dr. Rusdian Utama Roeslani, SpTHT-KL , spesialis THT dari Rumah Sakit Gandaria, saat ditemui di Plaza Kuningan, Rabu, 3 Desember 2014.

Menurut Rusdian, kasus yang paling sering ditemui di Indonesia adalah gejala hidung tersumbat yang disebabkan oleh bakteri kutu debu atau tungau. "Partikel tubuh tungau yang sangat tak kasat mata dapat masuk dan menetap di hidung, hingga yang terparah, bisa masuk hingga ke paru-paru dan menyebabkan alergi," tuturnya.

Rusdian melanjutkan, jika gejala hidung tersumbat terjadi lebih dari satu pekan, segeralah lakukan penanganan yang bisa dilakukan secara manual atau dengan bantuan dokter THT. Sebelum melakukan penanganan pada hidung tersumbat, haruslah diketahui penyebab dari hidung tersumbat itu sendiri.

PKS Terbuka untuk Bertemu Prabowo tapi Bukan untuk Menyusul PKB

Karena, jika salah penanganan, bukannya lega, hidung Anda akan semakin tersumbat dan bisa terkena infeksi.

Obat luar yang paling dianjurkan oleh Rusdian dan sebagian besar dokter THT di Indonesia ialah nasal salin/alat semprot hidung. Nasal salin dapat secara langsung bereaksi di dalam rongga hidung dan dapat menghilangkan gejala hidung tersumbat. Karena, pada nasal salin ini terkandung Oximetazoline HCI yang bisa melegakan rongga hidung.

Namun, jika nasal salin sulit didapatkan di sekitar Anda, cobalah melakukan terapi manual dengan menggunakan larutan garam untuk membersihkan hidung. Lakukan secara rutin setiap hari agar kebersihan hidung Anda selalu terjaga. Jika terjadi pembengkakan, segera periksakan ke dokter THT.

Pada akhir pertemuannya dengan media, Rusdian berpesan, jangan sekali-sekali melakukan penanganan sembarangan, terhadap organ nasal Anda. Karena bahayanya bisa jadi lebih parah dari apa yang Anda pikirkan. (art)

Baca Juga:

Kemenkominfo Gelar Talkshow “Rekam Jejak Digital di Ranah Pendidikan”

Berawal dari Hobi Pakai Brand Mewah, Selebgram Berusia 70 Tahun Ini Debut di Paris Fashion Week

Talkshow yang digelar Kemenkominfo

Kemenkominfo Mengadakan Talkshow Chip In “Waspada Rekam Jejak Digital di Internet”

Kementerian Komunikasi dan Informatika RI (Kemenkominfo RI) mengadakan kegiatan talkshow chip in “Waspada Rekam Jejak Digital di Internet” pada tanggal 24 April 2024.

img_title
VIVA.co.id
25 April 2024