Dampak Buruk Terlalu Banyak Minuman Bersoda untuk Tubuh

Ilustrasi Minuman Soda
Sumber :
  • iStock
VIVAlife - Minuman bersoda bisa jadi jalan pintas menghilangkan dahaga, terutama di saat panas matahari sedang terik. Namun, selain mengandung kalori yang cukup tinggi, soda juga dapat memberikan dampak yang buruk pada tubuh. 
Refly Harun: Anies-Muhaimin Pengkhianat Jika Gabung Pemerintah

Apa sajakah gangguan yang ditimbulkan oleh konsumsi minuman bersoda? Ini dia informasinya, seperti yang kami kutip dari Rodale News.
Gak Percaya Anaknya Biasa Pakai Narkoba, Ibunda Chandrika Chika: Saya Tau Anak Saya Seperti Apa

Kerusakan otak
Suku Bunga BI Naik, Apindo Ungkap 3 Tantangan Ini Hantui Pengusaha

Banyak produsen minuman yang menambahkan pewarna makanan dan pemanis buatan pada minuman bersoda. Hal tersebut bisa menjadi racun yang merusak jaringan otak, dalam jangka panjang. 

Darah tinggi

Sebotol minuman soda yang dikonsumsi satu kali dalam sehari dapat meningkatkan tekanan darah sistolik sebanyak 1.1 mmHg, dan tekanan darah diastolik sebanyak 4.4 mmHg. Tentunya berbahaya bukan? Terutama untuk Anda yang biasa mengonsumsi makanan pemicu darah tinggi seperti kambing, durian, dan makanan lainnya. 

Kanker

Meminum soda dalam jumlah banyak dan dalam jangka waktu yang panjang dapat memicu datangnya penyakit kanker seperti kanker prostat, payudara, serta pankreas. Hal ini karena, adanya bahan-bahan buatan yang terkandung dalam soda, apalagi yang menggunakan pemanis buatan, dapat merusak kinerja hormon dalam tubuh dan menyebabkan berkembangnya sel kanker dalam tubuh.

Masalah urinal

Meminum segelas soda saja, bisa membuat Anda menjadi 'beser', apalagi jika dalam soda terdapat pemanis buatan. Campurannya dapat memberikan efek buruk, yaitu gangguan yang biasanya disebut 'ayang-ayangan' atau buang air kecil yang tersendat sendat. 

Kematian

Dalam kasus terparahnya, manusia yang mengkonsumsi minuman dengan pemanis buatan, termasuk soda, memiliki risiko terkena penyakit yang akhirnya dapat mencabut nyawa mereka. Diantara 180.000 kasus kematian, 130.000 meninggal karena diabetes, 44.000 jiwa melayang karena penyakit jantung, dan 6.000 sisanya meninggal karena kanker. semuanya disebabkan oleh kandungan pengawet, pemanis buatan, dan pewarna makanan yang dikonsumsi secara berlebihan melalui soda. (ren)

Baca juga:

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya