Tak Selamanya Susu Baik untuk Tubuh

Ilustrasi Produk Susu
Sumber :
  • iStock
VIVA.co.id
Terungkap, Menu Makanan Para Juara Olimpiade
- Berapa banyak orang yang mengetahui, efek kesehatan mengonsumsi produk susu berlebihan? Perlu diketahui bahwa susu dan berbagai produk olahannya memang mengandung kalsium, tetapi hanya sampai batas tertentu.

Alasan Harus Makan Pisang Lebih Banyak

Temuan terbaru menunjukkan bahwa, lebih baik Anda membatasi asupan produk susu. Kalsium merupakan mineral penting yang membantu menjaga tulang tetap kuat. Namun, perlu dicatat bahwa tulang selalu terus menerus diperbaiki. Ini berarti tubuh membutuhkan sejumlah kecil kalsium dan setiap waktu perlu menggantinya dengan kalsium baru.
Makanan Sehat Ini Ternyata Tidak Aman Bagi Tubuh


Oleh karena itu, penting untuk mendapatkan asupan kalsium yang cukup sehingga kepadatan tulang tidak menurun. Nah, kelebihan asupan kalsium dapat menjadi kontraproduktif dan sama sekali tidak menguntungkan sama sekali. Itulah sebabnya penting untuk memenuhi kebutuhan kalsium Anda dari sumber makanan lain seperti sayur dan buah-buahan.

Untuk mengetahui apa saja efek mengonsumsi produk susu berlebihan, simak beberapa risiko kesehatan seperti yang dilansir dari
Boldsky
berikut ini.


Membahayakan tulang


Banyak orang percaya mengonsumsi produk susu dengan kadar tinggi memiliki berbagai manfaat, salah satunya menyehatkan tulang. Hal ini perlu diluruskan karena sejumlah studi telah membuktikan bahwa mengonsumsi produk susu berlebihan justru meningkatkan risiko patah tulang sebesar 50 persen. Osteoporosis atau tulang keropos dapat dihindari dengan asupan daun hijau, sayuran dan buah-buahan.


Risiko penyakit kardiovaskular


Beberapa produk susu seperti susu, krim, es krim, mentega, keju dan yogurt kaya akan kandungan lemak. Salah satu risiko kesehatan dari mengonsumsi produk susu terlalu banyak adalah penyakit jantung. Ini murni karena kandungan lemak yang tinggi di dalamnya, menyebabkan produk susu tidak mudah dicerna tubuh.


Obesitas


Kandungan lemak yang tinggi dalam produk-produk olahan susu juga mampu membuat berat badan Anda meningkat dengan cepat, apalagi jika Anda mengkonsumsinya secara berlebihan.


Alergi


Alergi juga dapat menjadi efek mengonsumsi produk susu terlalu banyak. Masalah sinus, infeksi telinga, sembelit kronis, disentri dan anemia pada anak-anak adalah beberapa alergi yang terjadi akibat kelebihan konsumsi produk susu.


Kanker


Anda berada pada risiko yang lebih tinggi untuk mengidap kanker ketika Anda mengonsumsi produk susu berlebihan. Ini karena pertumbuhan insulin yang juga disebut IGF menjadi lebih tinggi. Orang dengan kadar IGF tinggi memiliki hampir empat kali risiko kanker payudara dibandingkan dengan mereka yang memiliki kadar IGF rendah.


Diabetes


Diabetes insulin atau yang juga disebut diabetes tipe 1 adalah efek lain yang dapat terjadi jika Anda terlalu banyak mengonsumsi produk susu. Ini pada dasarnya juga berkaitan dengan terlalu banyak konsumsi susu selama masa kanak-kanak.


Baca juga:
Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya