Musim Hujan, Bahaya Demam Berdarah Mengancam

Nyamuk penyebab demam
Sumber :
  • Reuters
VIVA.co.id -
Waspada DBD, Nyamuk Tak Mempan Lagi Fogging
Banjir adalah hal yang mungkin sudah akrab di telinga masyarakat yang tinggal di Jakarta. Tak hanya di kawasan padat penduduk, kini banjir juga menyerang perumahan elite, bahkan kawasan perkantoran. Selain menganggu aktivitas harian, datangnya banjir juga akan memudahkan masuknya berbagai penyakit ke tubuh.

Cara Perawatan Pasien DBD Rawat Jalan

Banyaknya genangan air saat banjir, dapat menyebabkan tersebarnya bakteri yang mengancam tubuh terkena berbagai penyakit, seperti diare, gatal-gatal, hingga yang paling parah, demam berdarah. Penyebaran penyakitnya pun tak dapat diprediksi. Siapa pun, di mana pun, dapat terkena virusnya.
Lokasi Favorit Nyamuk Penyebab Demam Berdarah


Penyakit yang bernama lengkap Demam Berdarah Dengue atau DBD ini merupakan wabah yang banyak terjadi di dunia. WHO mencatat kasus DBD telah menyerang lebih dari 2,5 miliar orang, dengan persentase 2,6 persen pasien meninggal.


Penyakit ini disebabkan oleh virus dengue yang terkandung dalam nyamuk Aides Aegepty, yang banyak berkembang biak di kala banjir. “Virus ini dapat menyebabkan beberapa gejala, yang menandai datangnya DBD, seperti demam, bintik-bintik merah, ngilu sekujur tubuh, dan penurunan sistem imun pada tubuh,” ujar dr Nina Amelia, dari


Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya