Dampak Kesehatan Akibat Menjemur Pakaian di Dalam Ruangan

Ilustrasi menjemur cucian
Sumber :
  • iStock

VIVA.co.id - Musim hujan telah tiba. Terkadang seharian penuh langit bisa terus menerus mendung, sehingga tak ada sinar Matahari yang membantu mengeringkan pakaian. Hal ini lantas membuat banyak orang memilih menjemur atau mengeringkan pakaian di dalam ruangan.

Perlu Anda ketahui, hal ini dapat membahayakan kesehatan orang-orang di rumah terutama ketika ruangan yang digunakan sebagai tempat menjemur pakaian tidak memiliki sistem ventilasi yang baik.

Berikut ini adalah beberapa dampak kesehatan menjemur pakaian di dalam ruangan seperti dilansir dari Boldsky.

Bahan kimia penyebab kanker


Terkadang Anda menggunakan pelembut kain setelah mencuci pakaian. Produk pelembut mengandung kadar acetaldehydes yang sangat tinggi. Perlu diketahui bahwa zat tersebut merupakan agen yang mampu menyebabkan kanker. Menjemur atau mengeringkan pakaian di dalam ruangan sangat tidak sehat karena tidak ada ruang bagi udara dari pakaian untuk terevaporasi. Menghirup udara ini akan sangat membahayakan.

Alergi


Ketika kelembapan terjebak di udara, jamur pun akan terbentuk. Karena itu lah Anda tidak disarankan menjemur pakaian di dalam ruangan karena jamur tersebut mampu menyebabkan masalah-masalah kesehatan mulai dari sinus, bronchitis, dan masalah pernapasan lainnya. Ini tentu saja berbahaya bagi anak-anak dan orang yang menderita alergi.

Beracun

Jika Anda menjemur pakaian di dalam ruangan selama beberapa waktu, jamur beracun juga mampu terbentuk. Ini sangat berbahaya terutama ketika terhirup. Jamur yang biasa terbentuk adalah stachybotryschartarum yang umum ditemukan di lantai, di antara keramik tembok dan pada bingkai jendela. Rumah yang memiliki sistem ventilasi yang buruk biasanya akan terekspose jamur beracun ini.

Asma

Menjemur atau mengeringkan pakaian dalam ruangan mampu meningkatkan level kelembapan ruangan yang akan menyebabkan debu yang menempel pun menjadi lebih banyak. Ini tentu berbahaya bagi penderita asma dan kondisi alergi lainnya.

Melemahkan sistem imun tubuh

Ketika jamur terus menerus terhirup, Anda bisa menderita infeksi atau sistem imun tubuh melemah. Ketika sistem imun bereaksi pada spora jamur, pernapasan bagian atas pasti akan terganggu dan sinus pun bisa menyerang. Hal tersebut juga pada akhirnya akan memicu timbulnya batuk, kelelahan serta iritasi pada mata dan tenggorokan. (art)

Lima Bahaya Menjemur Pakaian di Dalam Ruangan

Baca juga:

Menjemur pakaian di dalam rumah

Ini Bahaya Menjemur Pakaian di Dalam Rumah

Ada seorang pria yang mencobanya. Apa hasilnya?

img_title
VIVA.co.id
19 Oktober 2015